Sukses

Kepala Berat Setelah Minum Kopi

20 Oct 2014, 10:20 WIB
Wanita, 29 tahun.
dok saya mau tanya.. kenapa klo sehabis minum kopi kepala saya terasa berat sekali dok, apa sebabnya?? bagai mana caranya agar saya bisa minum kopi lg, terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Keluhan sakit kepala dapat disebabkan karena beberapa hal. Ada yang primer (tidak diketahui sebabnya), dan ada yang sekunder (dilatarbelakangi oleh penyakit lain). Sayang Anda tidak mendeskripsikan seperti apa sakit kepala atau perasaan berat di kepala yang Anda alami. Perlu diperhatikan apakah hanya di sebelah kepala, atau nyeri di belakang bola mata, atau nyeri di leher, atau berputar.

Nyeri kepala sendiri, terutama jenis cluster atau migrain, dapat dicetuskan oleh beberapa jenis makanan dan minuman seperti alkohol, coklat, makanan yang mengandung tiramin (keju, hati, ekstrak ragi, red wine), dan aditif makanan (MSG). Nitrit yang terkandung di dalam pengawet makanan seperi ham, salami, juga dapat menyebabkan nyeri kepala. 

Adapun kopi menyebabkan tekanan darah naik, sehingga ada pula kemungkinan bahwa rasa berat yang Anda rasakan adalah karena tekanan darah yang naik sesaat.

Tentu saja sakit kepala juga dapat disebabkan oleh penyebab lainnya atau dapat juga multifaktorial. Yang dapat Anda lakukan sekarang adalah mengurangi jenis makanan yang disebutkan di atas, istirahat bila nyeri kepala datang, dan minum obat pereda rasa nyeri seperti parasetamol atau asam mefenamat. Apabila nyeri berlanjut silakan konsultasikan ke dokter spesialis saraf.

Ada baiknya Anda pastikan asupan gizi Anda seimbang, minum air putih minimal 8 gelas sehari, istirahat yang cukup (6-8 jam sehari), dan istirahat teratur apabila bekerja (bila berhadapan dengan komputer selama 2 jam, istirahatkan mata Anda selama 10 menit, lakukan selalau stretching setiap 2 jam).

Demikian jawaban yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (SH)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar