Sukses

Hamil dan Hipertensi

20 May 2013, 14:19 WIB
Wanita, 25 tahun.
dokter, saya hamil 38 minggu, memiliki tekanan darah 160/110 dengan Hb 12.6, lekosit 7200, gula darah puasa 126, tes urin: reaksi 8.5, protein negatif, reduksi negatif, ureum 17, creatinin 0.68, apa saya memiliki masalah dalam kehamilan dok?apa saya dapat melahirkan secara normal nanti??kenapa saya mengalami pusing kepala sebelah hingga terasa sampai tengkuk ya dok?dokter saya tidak memberikan penjelasan rinci,apa lebih baik ganti dokter kandungan karna dokter saya jika tidak ditanya tidak dijelaskan sama sekali bahkan kemarin dokter tidak melihat catatan tekanan darah saya yang selama sebulan melonjak dari 110/90 menjadi 160/110,tapi sebentar lagi akan melahirkan.sebaiknya bagaimana dok??
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Tekanan darah yang tinggi dalam kehamilan memang perlu mendapatkan perhatian khusus. Normalnya, tekanan darah ibu hamil rendah pada trimester ke-dua, setelah itu kembali normal pada akhir kehamilan. Namun, pada beberapa perempuan, tekanan darah dapat sangat meningkat pada trimerster ke-dua atau ke-tiga. Keadaan ini disebut hipertensi gestasional yang dapat berujung pada pre-eklampsia. 

Pre-eklampsia dalam kehamilan adalah apabila dijumpai tekanan darah 140/90 mmHg setelah kehamilan 20 minggu (akhir triwulan kedua sampai triwulan ketiga). Gejala preeklampsia ditandai oleh 3 bagian besar, yaitu tekanan darah >=140/90 mmHg, proteinuria (protein di urin), dan edema atau bengkak pada ekstremitas (tungkai, kaki, tangan). Keadaan ini biasanya akan menghilang setelah melahirkan.

Dari hasil pemeriksaan laboratorium Anda tidak didapatkan protein dalam urin sehingga tidak memenuhi kriteria diagnosis pre-eklampsia. Perlu dipastikan apakah tekanan darah Anda memang tinggi, tidak hanya dari satu kali pemeriksaan. Bila memang tinggi, dokter akan memberikan obat untuk menurunkan tekanan darah. Coba diskusikan lagi dengan dokter yang merawat Anda mengenai kekhawatiran Anda. Yang pasti pemeriksaan tekanan darah perlu dilakukan secara berkala. Ibu hamil dengan hipertensi gestatsional atau preeklampsia dapat melahirkan secara spontan bila tekanan darahnya terkontrol dengan obat.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar