Sukses

Payudara Anak Laki-laki Besar?

17 Oct 2014, 23:30 WIB
Pria, 43 tahun.
Anak saya yang pertama, laki2 umur 9 tahun, saya lihat payudaranya agak besar, payudaranya tersebut tidak seperti anak2 laki2 seusianya, kenapa ya Dok?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kami mengerti kekhawatiran Anda. Keadaan payudara yang membesar pada laki-laki baik anak maupun dewasa disebut dengan ginekomastia. Ginekomastia merupakan konodisi yang umum ditemukan, pada 40 - 60% laki-laki. Keadaan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal:

  1. Proses normal: terjadi pada anak baru lahir, masa pubertas, penuaan, atau obese (kelebihan berat badan).
  2. Proses tidak normal: masalah gangguan hormon, gangguan hati, gangguan ginjal, atau penggunaan obat-obatan seperti  steroid, spironolakton, ataupun alkohol

Bagaimana dengan berat badan anak Anda? Apakah berlebih? Dilihat dari sisi umur, bila memang terdapat ginekomastia, maka penyebabnya masih bisa proses normal yaitu pubertas (anak usia 9 - 14 tahun). Pada keadaan ini, pembesaran jaringan payudara disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal antara testosteron dan estrogen. Pada anak-anak ini, ukuran payudara umumnya kurang dari 4 cm dan akan menghilang tanpa pengobatan dalam jangka waktu beberapa bulan hingga tiga tahun.

Untuk memastikan apakah memang terdapat ginekomastia serta penyebabnya pada anak Anda, kami menyarankan agar ia dibawa ke dokter spesialis anak untuk dilakukan evaluasi. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar