Sukses

Infeksi Tenggorokan

19 Oct 2014, 16:33 WIB
Wanita, 19 tahun.
dokter apa itu infeksi tenggorokan?? apa ada tingkatannya?? bisa disembuhkan kan??
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Infeksi tenggorokan adalah infeksi yang terjadi di daerah tenggorokan, paling banyak disebabkan oleh virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, infeksi tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur.

Gejala klinis yang ditimbulkan oleh infeksi virus atau bakteri tidak memiliki perbedaan yang bermakna. Besar kemungkinan adanya infeksi bakteri apabila radang tenggorokan disertai lendir berwarna kuning/kehijauan.  

Infeksi tenggorokan dapat disembuhkan jika diatasi dengan segera dan diketahuii penyebabnya. Pengobatan yang diberikan karena infeksi bakteri berbeda dengan infeksi virus. Infeksi tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus umumnya bersifat self-limiting atau dapat sembuh spontan tanpa pengobatan. Yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik, antara lain dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Demam dapat diturunkan dengan basuhan air hangat, banyak minum, atau dibantu dengan obat penurun panas. Sedangkan jika akibat infeksi bakteri memerlukan pengobatan tambahan dengan antibiotik minimal selama 5 hari.  

Bila terkena infeksi tenggorokan maka beristirahatlah yang cukup, banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup dan minum vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng,mengurangi atau menghentikan merokok. Peningkatan kekebalan tubuh juga penting dilakukan untuk pencegahan sakit karena virus maupun bakteri mudah menyerang apabila kondisi tubuh sedang turun.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Terimakasih,

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar