Sukses

Perkiraan Masa Subur

10 May 2013, 07:17 WIB
Wanita, 33 tahun.
siang dok.. dok saya mau menanyakan masa subur/masa ovulasi saya.. bln januari mens tgl 18, februari tgl 17, maret tgl 15, april tgl 10, dan mei tgl 5.. apakah itu termasuk siklus yg normal ya dok? trus masa suburnya untuk bln berikutnya kapan ya dok karena saya masih bingung.. dok saya kl mens cm 2-3 hari saja hr ke 4 cm flek coklat..tp dr hr 1-2 mens saya banyak dok..apakah ada vitamin untuk menambah darah mens ya dok supaya bs normal antara 4-5 harian..selain karena pengaruh hormon apa adalagi ya ttng pengaruh banyak sedikitnya menstruasi itu? karena saat ini saya jg tidak sedang stres dok.. terima kasih sebelumnya..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Siklus menstruasi yang normal berlangsung antara 21-35 hari, selama 2-8 hari dengan jumlah darah haid sekitar 25-80 ml/hari. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Dari data yang Anda berikan, siklus menstruasi Anda adalah antara 26 - 27 hari yang masuk dalam rentang normal. Lama menstruasi Anda juga masih dalam batas normal.

Dengan mengetahui rata-rata siklus menstruasi, Anda dapat memperkirakan masa subur Anda. Karena siklus menstruasi Anda berlangsung teratur selama 26 - 27 hari, maka waktu terjadinya ovulasi (dikeluarkannya sel telur) anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Jadi, untuk bulan ini kemungkinan waktu ovulasi Anda adalah antara tanggal 17 - 18 dengan masa subur antara tanggal 14 - 21. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu. Anda dan pasangan juga perlu melakukan hubungan seksual yang teratur 2-3 x/minggu.

Jumlah darah menstruasi atau pun lamanya menstruasi dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Jumlah darah menstruasi yang sedikit juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu, selain stress fisik dan emosional, seperti diet yang kurang bernutrisi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar