Sukses

BAB Bayi Keras

19 Oct 2014, 01:58 WIB
Wanita, 36 tahun.
anak saya 3 Bulan BB 5,5 kg klo BAB selalu dengan mikrolak klo tdk dimikrolak tdk bisa ini terjadi ketika cuti saya hbs yg otomatis dibantu dgn susu formula cuti sya hny 2 bulan sblm saya bantu sufor BABnya lancar2saja. sudah saya bawa ke 2 dokter spesialis anak diberi obat sama obat tetes laxoberon (klo ga salah ) apa yang harus saya lakukan lagi apa perlu di foto perut klo iya proses fotonya gmn ? masih bayi kasihan........
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekuatiran Ibu. 

BAB pada anak memang bergantung pada asupan makanan yang diberikan. Jika memang asupannya sedikit maka BABnya juga menjadi jarang dan jika telah mengkonsumsi susu formula maka akan mempengaruhi frekuensi BAB anak. Bayi yang disusui ASI memiliki tinja yang lebih lunak, sehingga gerakan usus menjadi lebih mudah, dan memiliki kadar hormon tertentu lebih tinggi sehingga ada peningkatan gerakan usus. Sedangkan susu formula lebih sulit untuk dicerna, umumnya gerakan usus pada bayi-bayi ini lebih lambat sehingga mengakibatkan BAB lebih jarang, tinjanya lebih tebal. Selain itu jika frekuensi masuknya susu juga kurang, bayi cenderung lebih sulit BAB.

Jika anak Anda diberikan susu formula, Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan susu formula yang lebih encer (tidak terlalu kental) agar lebih mudah dicerna, dan pastikan agar bayi Anda tidak kurang minum. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar