Sukses

Kulit Gatal

19 Oct 2014, 07:20 WIB
Pria, 35 tahun.
Dokter, 1 bulan lalu saya menderita gatal-gatal disekujur tubuh. gatal-gatal semakin hari semakin banyak. terus saya ke dokter dan dikatakan bahwa saya mengalami gangguan hormon karena stress. saya diminta test darah hormon kortisol. umur saya 35 thn, hasil test hormon kortisol saya 6.6 (normal 4-22). 1. apakah hormon saya ini termasuk rendah atau tinggi dok ? 2. pantangan/kegiatan apa yang harus saya lakukan utk membuatnya normal selain memakan obat. 3. apa efek apabila saya membiarkan kondisi ini terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan Anda adalah gatal-gatal si sekujur tubuh sejak 1 bulan yang lalu. Sebelum kami menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan. Apakah terdapat lesi kulit? Misal: biduran, bintik-bintik, bercak-bercak pada kulit? Kapan saja gatal dirasakan? Kapan waktu pemeriksaan hormon kortisol Anda (pagi/siang/sore/malam) ?

Kadar kortisol dalam darah memang dapat meningkat ketika sedang mengalami stres. Dan, kadar kortisol yang tinggi dapat menyebabkan gangguan kulit seperti gatal-gatal. Apakah dalam 1 bulan ini Anda sedang mengalami stres tertentu?

Hasil pemeriksaan hormon kortisol Anda saat ini termasuk normal. Saat ini Anda perlu membawa hasil pemeriksaan kortisol Anda ke dokter yang menangani Anda karena dokter Anda yang paling mengerti kondisi Anda saat ini berdasarkan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium. Diperlukan penelusuran lebih lanjut mengenai keluhan Anda dan penyebabnya, sehingga dapat memperoleh penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar