Sukses

Kista dan Haid Tak Teratur

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Wanita, 42 tahun.
Siklus haid saya bbrp bln terakhir tidak teratur. Kadang 28 hr, 37 hr, 18 hr, dan terakhir 22 hr. Haid yg terakhir ini sudah hampir 3 minggu blm berhenti walaupun memang darahnya tidak terlalu banyak tapi setiap hari masih ada.Pemeriksaan terakhir sekitar 3 bulan yl ada kista 3cm. Mengapa haid saya blm berhenti juga? Apakah akibat kista?Mohon penjelasan kemungkinan penyebabnya. Terima Kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Memang salah satu penyebab gangguan pada siklus haid adalah adanya kista pada kandung telur. Oleh sebab itu, tampaknya jadwal haid Anda yang tidak teratur saat ini dapat diakibatkan oleh kista.

Secara definisi, kista kandung telur (kista ovarium) adalah kumpulan cairan yang dikelilingi oleh dinding tipis (kantung) di dalam kandung telur. Selama masa haid, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

Kista dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan memang memerlukan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak akan diperlukan terapi apapun.

Kista berukuran < 6 cm hanya diobservasi dan di-USG setiap 2 bulan sekali. Cara lainnya adalah menggunakan pil kontrasepsi. Penggunaan pil kontrasepsi bisa mengurangi kemungkinan munculnya kista yang baru.

Terapi yang lain adalah tindakan operasi. Pilihan ini dilakukan apabila ukuran kista Anda besar (>6cm) dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Bila ada rasa sakit dan muncul keluhan lain, maka tindakan operasi dapat dilakukan. Dalam kasus Anda, dimana kista yang ada berukuran <6 cm, maka tidak memerlukan operasi.

Adapun penyebab timbulnya kista ovarium tidak diketahui pasti. Tidak ada pola makan tertentu yang mempengaruhi tumbuhnya kista ovarium.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. [SH]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar