Sukses

Bintil-Bintil di Paha

18 Oct 2014, 05:00 WIB
Wanita, 21 tahun.
Salam sehat, Dokter. Saat ini saya diresahkan dengan adanya bintil2 kecil di pangkal paha. Awalnya hanya satu, berwarna coklat gelap dan sudah lama. Saya pikir ini tahi lalat saja. Kemudian muncul satu lagi sekitar satu bulan yang lalu berwarna lebih gelap dari kulit, dan satu lagi berbentuk bulat warnanya lebih terang. Awal munculnya gatal tapi sekarang tidak lagi. Saya sudah ke bidan, tetapi katanya ini hanya awal dari reaksi alergi dari urtikaria yang saya alami saat ini (urtikaria sudah berlangsung 3 minggu). Menurut dokter, apakah ini kutil kelamin? apakah saya dapat mengatasinya sendiri dengan asam salisilat? Apakah berpengaruh ke kehamilan dan janin, karena saya ingin sekali untuk hamil. Terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Gatal-gatal di daerah selangkangan Anda dapat disebabkan oleh iritasi, jamur, infeksi, parasit, dsb. Kelainan pada kulit akan lebih mudah didiagnosa bila dilihat secara langsung kelainan yang terjadi. Oleh karena itu kami sarankan anda memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat di kota anda sehingga diketahui secara pasti penyebab gatal-gatal pada anda dan mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Infeksi kulit akibat jamur tidak memiliki kaitan langsung dengan perkembangan janin, karena letaknya yang terdapat di kulit dan jauh dari rahim.  Akan tetapi, tetap berobatlah ke dokter spesialis kulit jika keluhan bertambah hebat dan tidak mereda.

 

 

 

Tentunya pengobatan yang sesuai dapat diberikan apabila penyebab yang pasti telah diketahui. Selain pengobatan, diperlukan juga menjaga agar daerah lipat paha tetap bersih dan tidak lembab. Mandi minimal 2 kali sehari, dan mengganti pakaian dalam bila sudah lembab, memakai celana dalam berbahan katun atau yang menyerap keringat.

 

 

 

 

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. [SH]

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar