Sukses

Infertilitas Sekunder

03 May 2013, 09:51 WIB
Wanita, 34 tahun.
slamat malam dok, saya ibu lina, mo nanya ne dok, saya dan suami mengharapkan bisa nambah momongan di tahun ini, sebelum nya tahun 2007 saya melahirkan anak pertama saya, 2009 saya hamil tp di umur kandaungan saya 6 bulan saya melahirkan dan bayi saya tidak bisa di selamatkan, tahun 2010 saya melahirkan anak ke III saya, semua jenis kelamin anak kami Laki Laki, umur anak saya 3 bln saya sempat kb (suntik) slama lbh kurang 6 bln, tp dikarena saya kurang nyaman krn menstruasi saya tidak lancar, akhir nya saya lepas kb, nah sampai detik ini saya blm hamil, saya pernah konsul ke dokter, katanya horman nya sudah tebal di dinding rahim sehingga hrs d obati dl, nah, dok, saya sangat merindukan anak perempuan di keluarga saya, mgk dokter bisa meberikan solusi buat saya dan suami, trima kasih sebelum nya dok wassalam lina in aceh
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Anda pernah hamil tetapi setelah lepas KB 2,5 th belum terjadi kehamilan lagi. Artinya Anda sekarang mengalami masalah kesuburan yang disebut 'infertilitas sekunder' (pernah melahirkan kemudian jadi sulit hamil).

Tentu yang pertama dilakukan adalah dengan mencari penyebab sulit hamilnya. Pada istri harus diperiksa apakah saluran telurnya tersumbat dengan pemeriksaan Histerosalpingografi. Perlu dicari tahu performa fungsi indung telur normal atau tidak (bisa dengan pemeriksaan hormon dari darah dan USG).

Dari suami harus diperiksa kondisi spermanya (analisa sperma). Dari hasil pemeriksaan-pemeriksaan tersebut baru dapat dibuat diagnosa dan perencanaan pengobatan yang sesuai.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar