Sukses

Haid Tak Teratur vs. Pindah Negara

20 Oct 2014, 09:54 WIB
Wanita, 37 tahun.
Selamat Siang Saya ingin bertanya mengenai siklus haid. sebelumnya saya akan menceritakan sekilas riwayat siklus haid. sebelumnya saya tinggal di Bandung sebelum mempunyai anak siklus haid dalam 1 tahun ada 1 bulan tidak datang haid, setelah menikah dan mempunyai anak sekarang siklus haid saya semakin tidak teratur. dan saya sekarang tinggal di France. seperti bulan misalnya 20 Desember 2012 s:d 26 Desember 2012 saya Menstruasi. 11 Januari 2013 - 18 Januari 2013 saya Menstruasi. Februari 2013 saya tidak Menstruasi. 16 Maret 2013 saya Menstruasi. Bulan April saya tidak Menstruasi. yang ingin saya tanyakan 1. Apakah berpengaruh perubahan berat badan seorang wanita terhadap siklus haid? (awalnya berat badan saya 60 Kg) 2. Apakah berpengaruh terhadap faktor iklim? 3. Faktor apakah yang menjadi penyebab siklus haid tidak teratur? dan saat ini saya lakukan aerobic 1 minggu 2x. saya sudah melakukan konsultasi dengan Gynecolog dan diambil cairan dari vagina. tetapi hasilnya baik2 saja. demikian Dok pertanyaan yang saya utarakan. saya ucapkan terima kasih atas penjelasan yang Dokter sampaikan. Hormat saya Ivy Gueret
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Salam sehat dari kami untuk Anda dan seluruh keluarga di France. Keluhan Anda adalah siklus haid yang tidak teratur. Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini? Kami memahami kekhawatiran Anda.

1. Ya, berat badan memang dapat berpengaruh terhadap siklus menstruasi. Terutama, jika indeks massa tubuh > 30, atau aktivitas fisik yang berlebih seperti pada atlet dapat mempengaruhi keseimbangan hormon. Saat ini indeks massa tubuh Anda adalah 30, memang mungkin dapat terjadi gangguan siklus haid. Namun, hal ini memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

2. Faktor iklim biasanya tidak berpengaruh langsung, namun perubahan suasana, kondisi, iklim, kebiasaan dan kebudayaan biasanya dapat menyebabkan stres psikologis tersendiri bagi mereka yang berpindah negara. Stres psikologis juga dapat merupakan faktor penyebab gangguan siklus haid. Apakah Anda merasakan tekanan tertentu di negara baru Anda?

3. Siklus haid tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

- pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
- pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
- stress psikologis
- atlet
- kekurangan vitamin K
- penggunaan obat-obatan tertentu
- kelainan pembekuan darah

- tumor kelenjar pituitari
- gangguan hormon tiroid, dsb

Diperlukan pemeriksaan seperti pemeriksaan hormon, USG kandungan atau penunjang lanjutan lainnya. Untuk itu kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis obstetri dan ginekologi dengan menceritakan riwayat keluhan Anda sehingga dokter dapat menentukan jenis pemeriksaan penunjang yang paling tepat untuk Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar