Sukses

Cantengan Kuku

20 Oct 2014, 00:14 WIB
Wanita, 25 tahun.
dokter,saya pernah mengalami jempol kaki terasa ditarik kencang.tiba-tiba mati rasa.saya kira tidak akan parah.tapi tiba-tiba bagian pinggir kuku menghitam dan bengkak sakit.saya kira gula darah naik.tapi ketika cek gula darah puasa ternyata normal.ketika ditanyain dg dokter umum disalah satu klinik justru dibilang "gpp itu cuma cantengan".saya karna gak tahu cantengan itu apa.saya tanya dan minta resep obatnya salep.selama 3 bulan saya bersihkan dg revanol dan beri salepnya tapi justru semakin bengkak,sakit,menghitam,bernanah dan sering berdarah.kemudian saya coba beli obat antibiotik nasal sendiri tanpa resep dokter.kondisi jempol jadi sedikit gak nyeri tapi kondisi gak beda jauh.kemudian setelah 4 bulan saya menggunakan obat dokter umum itu tapi gak sembuh juga,saya dibawa ayah saya ke SPKK.dokternya sempat marah karna dari awal tidak langsung dibawa ke Spkk,jempol kaki saya dibersihkan dengan betadin dan nanahnya keluar banyak.saya diberi betadin, salep asam fusidat,obat antibiotik 2 jenis tapi lupa nama obatnya.sebenarnya diminta bedah kuku.tapi karna saya tidak boleh cuti.jadi saya pikir pake obat dulu.kondisi jmpol kaki sudah membaik.2kali kontrol semakin membaik.yang terakhir antibiotik nya diganti dengan meiact mg 200.jempol kaki samakin baik.tapi dokter tetap mengharuskan bedah kuku.saya tidak melakukan bedah kuku.karna takut kuku tidak bisa tumbuh lagi.yang jadi masalah jempol kaki saya sampai sekarang sudah 1 tahun belum sembuh juga.karna sudah 3 bulan saya tidak menggunakan obat salep dan antibiotik itu lagi,tapi saya bersihkan dengan betadin/revanol.jempol saya kembali bengkak sakit, menghitam, kadang bernanah,kadang berair, dan kadang berdarah sejak sering terkena air hujan.apa itu karna pengobatan berhenti?sebaiknya saya menggunakan kembali obat dr spkk itu atau periksa kondisi ulang?karna saya itu sering tidak cocok dengan obat dari dokter ditempat saya sekarang di bogor.makasih dok.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan Anda adalah jari jempol kaki yang bengkak, sakit, menghitam, kadang bernanah dan berair. Apakah ini terjadi pada kedua jempol kaki? Atau hanya salah satu? Sebelah kanan atau kiri?

Berdasarkan riwayat yang Anda ceritakan, nampaknya Anda mengalami infeksi pada kuku jari kaki. Kami sarankan Anda kembali ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pengobatan tuntas. Bila dokter Anda menyarankan untuk dilakukan pembedahan kuku maka memang sebaiknya dilakukan pembedahan karena infeksi yang tidak diatasi dengan tuntas dapat terus menyebar. Bahkan bisa menyebar sampai ke otot dan tulang. Selain itu, pembedahan kuku diperlukan untuk memberi kesempatan agar terjadi proses penyembuhan yang tidak terganggu jaringan yang sakit. Jangan takut kuku tidak tumbuh lagi, karena setelah pembedahan kuku maka kuku biasanya akan tumbuh kembali dalam 6 bulan. Perawatan infeksi harus dilakukan dengan maksimal sesuai instruksi dokter. Pencegahan perlu dilakukan dengan menjaga kebersihan kaki, memakai pelindung kaki (sepatu tertutup) dan menjaga agar kaki tetap kering (tidak lembab).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar