Sukses

Anak Sulit BAB

30 Apr 2013, 11:05 WIB
Wanita, 37 tahun.
sudah hampir 3 minggu ini, anak saya selalu merasa mulas2 setiap pagi... kami sudah membawa ke dokter dan sudah periksa darah, cek lab utk kotoran dan urine nya, sudah USG, sudah suntik mantoux, sudah rontgen paru dan semua hasilnya Normal / Negatif tidak di temukan sakit apa-apa... Pagi hari memang BAB seperti biasa, tetapi anak saya merasa masih ada kotoran yg tidak keluar/tidak puas/tidak lega/tidak keluar kotoran nya semua.. sehingga anak saya masih merasa mulas dan masih ingin nongkrong di closet...keadaan ini bisa berlangsung 1 jam lebih..tetapi BAB nya tidak keluar2 lagi.. Hanya perasaan mulas/melilit di perut yg tidak bisa di tahan anak saya.. Menjelang siang sampai malam..frekuensi mulas nya tidak terlalu banyak..tetapi tetap saja anak saya mau nongkrong di WC... Anak saya sakit apa ya Dok...? saya harus pemeriksaan apa lagi kah utk mengetahui penyakitnya...? Terima kasih utk perhatiannya.. Smoga lekas di balas..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Kepada Yth Sdri/Ibu terhormat, 

Terima Kasih atas pertanyaan Anda. 

Ibu, bila pemeriksaan yang dilakukan semua normal, berarti InsyaAllah anak ibu tidak ada penyakit yang berat. Mulas yang dirasakan mungkin disebabkan oleh kotoran yang tidak dapat keluar dan terlalu keras. Ada beberapa kasus dimana anak yang tidak mau BAB sebab tidak mau (withholding).

Pada beberapa penyakit juga dapat menyebabkan susah BAB namun apabila Ibu sudah USG dan bagus hasilnya berarti tidak perlu dikhawatrikan lagi.  

Namun ada yang perlu kami tanyakan kembali kepada Ibu, apakah anak ibu sudah makan serat yang cukup? Sebab bila susah BAB mungkin kekurangan serat ibu. Coba makan lebih banyak sayuran dan buah. Bila memang susah BAB dapat diberikan obat pencahar yang melalui dubur.

Untuk kemudahannya, berikut ini beberapa tulisan dari tim dokter kami yang dapat menambah pengetahuan bersama seputar makanan-makanan yang melancarkan proses pencernaan, antara lain:

Jika keluhan berlanjut, kami usulkan saran Anda untuk kembali melakukan kunjungan ke dokter anak guna menceritakan keadaan sulit BAB ini serta untuk pengobatan pencahar melalui dubur. 

Demikian jawaban yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

0 Komentar

Belum ada komentar