Sukses

Kaki keram selama kehamilan

19 Oct 2014, 12:31 WIB
Wanita, 25 tahun.
sebenarnya saya sebelum hamil pernah mengalami kram betis kaki kiri setiap kecapean berjalan.saat hamil tiba-tiba kram menjadi betis dan pergelangan kedua kaki.tapi kram dipergelangan kaki hanya terjadi ketika tidur yang membuat sulit menggerakkan kaki dan memindahkan posisi kaki serta badan.saya tidur memang lebih banyak memiringkan badan sejak sebelum hamil.karna leher saya pendek, klo tidur terlentang susah nafas.lipatan paha sebelah kanan sering sakit dan berat untuk berjalan itu baru terjadi 4 hari yang lalu secara tiba-tiba.tidak ada benjolan maupun ruam kemerahan dok.seperti ada tekanan dari perut tapi hanya bagian kanan saja.USG terakhir 10 april 2013,posisi kepala bayi dibawah normal dekat dengan jalan lahir dan plasenta juga normal.sebelumnya saya pernah melakukan pengobatan seperti ketika pengobatan maag, luka usus besar, menggunakan antibiotik, bedah mulut, minum obat saraf, minum obat meiact, menggunakan salep asam fusidat, obat-obat sebelum operasi kecil pembersihan kornea mata(obat tetes mata, salep mata, obat herpes,dsb).apa itu akan berpengaruh pada kondisi janin??karna saat USG 2D tidak kelihatan jelas gambarnya.makasih dok.maaf banyak tanya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Kepada Yth Sdri/Ibu terhormat, 

Terima Kasih atas pertanyaan anda. 

Ibu memang selama kehamilan banyak yang mengeluh terjadi keram di kaki yang semakin terasa pada malam hari.  Selama kehamilan memang terjadi penambahan beban ke kaki kita akbiat berat badan yang semakin bertambah dan rahim yang semakin membesar yang dapat juga mempengaruhi sirkulasi ke kaki atau menekan aliran darah dan aliran saraf ke kaki yang memicu keram di kaki.Nyeri yang dirasakan juga mungkin disebabkan oleh beban yang semakin berat untuk kaki.   Bila terjadi keram di kaki, yang ibu dapat lakukan adalah memijat kaki dan betis, beristirahat dengan kaki diatas, coba berolahraga sedikit, dan coba mengompres dengan air hangat.  

Kami anjurkan agar ibu kembali kontrol ke dokter kebidanan, dan memberitahukan nama obat-obatan apa saja yang sudah ibu konsumsi selama kehamilan, sebab saat ini ibu tidak memberitahukan nama dari masing-masing jenis obat. Pada umunya, bila pasien sedang hamil, dokter tidak akan memberikan obat-obatan yang akan mengancam kesehatan ibu ataupun janin. Di setiap golongan obat, pasti ada obat yang aman untuk ibu hamil. 

Pada USG 2D, bila ada kelainan pun masih dapat terlihat bu, namun bila ibu ingin melihat lebih jelas gambaran bayi ibu, dapat lakukan USG 4D. Kami anjurkan untuk konsultasi ke dokter kebidanan ibu. 

Demikian jawaban yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar