Sukses

Berat badan anak kurang

30 Apr 2013, 09:32 WIB
Wanita, 33 tahun.
Saat ini saya sedang bingung sekali. Anakku yang ke-2 sudah usia 4 bulan 9 hari; Dyandra (perempuan). Baru saja imunisasi dan kontrol dokter. Menurut dokter pertumbuhan berat badan anak saya sangat kurang, kurva pertumbuhan berat badan sangat tidak ideal dan cenderung kurang gizi, menurut spa. Berikut datanya: Lahir: 3 kg 1 bln: 4,7 kg 2 bln: 5 kg 3 bln: 5,2 kg 4 bln: 5,6 kg Dokter menganjurkan untuk menambah dengan susu formula, mulai berikan makan dan cairan zat besi. Sementara saya ingin sekali melakukan asi eksklusif. Tetapi saya jadi agak pesimis karena stok asi saya hanya tersisa 7 kantong saja, sementara setiap harinya saya harus bekerja. Dan asi saya sekarang terhitung sangat sedikit saat saya pompa. Mohon saran dan bantuannya. Ini sangat mengganggu pikiran saya sekali, mengingat saya sangat ingin asi eksklusif tetapi di saat yg bersamaan saya juga kasihan jika dyandra kurang gizi. Salam
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Untuk itu ada yang perlu kami ketahui, berapakah panjang badan anak Ibu? Jika berdasarkan kurva pertumbuhan sesuai umur, maka berat badan ideal untuk anak Ibu adalah 6 kg (sesuai usia 4 bulan). 

Bayi dianjurkan mengonsumsi ASI eksklusif sampai usia 6 bulan dikarenakan pencernaannya yang masih belum sempurma. 

Saat ini anak Anda masih normal, aktif namun berat badannya masih kurang. Untuk itu, Anda dapat mengkonsultasikan kembali ke dokter anak Anda guna memantau kondisi serta berat badan anak Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar