Sukses

Imunisasi TT bagi ibu Hamil

20 Oct 2014, 09:58 WIB
Wanita, 25 tahun.
dokter.saya kan baru tahu hamil ketika usia 14 minggu.sampai sekarang usia hamil 33 minggu saya belum imunisasi tetanus.karna selama ini saya periksa ke bidan tidak pernah diminta untuk imunisasi tetanus.ketika kemarin USG pertama kali, saya ditanya tentang imunisasi tetanus?apakah dengan usia kandungan 33 minggu masih diperbolehkan imunisasi tetanus?karena bidan saya tidak pernah memberitahu imunisasi apa saja yang harus dilakukan ibu hami.makasih dok.mohon penjelasannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Imunisasi yang diberikan pada ibu hamil adalah imunisasi TT (tetanus toksoid). Hal ini diberikan karena tetanus merupakan risiko yang dapat terjadi (tetanus neonatorum) apabila kondisi atau tempat untuk melahirkan tidak higienis. Hal ini sering terjadi di masa lampau karena dulu masih banyak kelahiran ditolong oleh dukun yang tidak menggunakan alat yang steril.

 

Namun saat ini apabila melahirkan dilakukan oleh bidan/dokter dengan peralatan yang steril maka risiko tetanus pada bayi baru lahir sudah banyak berkurang. Perlu diperhatikan bahwa pemberian imunisasi pada wanita hamil adalah aman. Jadwal pemberian imunisasi TT adalah :

  • Pemberian pertama: Segera setelah kehamilan
    terdeteksi.

  • Pemberian kedua: Sebulan
    setelah pemberian vaksin pertama, dan paling lambat dua minggu sebelum waktu
    kelahiran.

  • Pemberian ketiga: 6-12 bulan
    setelah pemberian vaksin kedua, atau selama masa kehamilan berikutnya.

  • Pemberian keempat: 1 tahun
    setelah pemberian vaksin ketiga, atau selama masa kehamilan berikutnya.

  • Pemberian kelima: 1 tahun setelah
    pemberian vaksin ketiga, atau selama masa kehamilan
    berikutnya.

Jika seorang gadis atau wanita telah diberikan 5 kali vaksin tetanus dengan rentang waktu yang tepat, ia akan terlindungi sepanjang hidupnya. Anak-anaknya juga terlindungi selama beberapa minggu awal setelah kelahiran mereka. Konsultasikanlah hal ini dengan dokter kebidanan Anda

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar