Sukses

Menunda Menstruasi

16 Oct 2014, 23:51 WIB
Pria, 30 tahun.
Mau tanya dok. istri saya umurnya 29th. kami sdh menikah 4,5th belum memiliki anak. bahayakah dok jika istri saya mengkonsumsi obat untuk menunda menstruasi, krna 2015 kami mau menunaikan ibadah haji. atau adakah cara laen untuk menunda menstruasi, mengingat kami yang belum punya anak? mohon solusinya dok. trimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

 

Anda telah menikah selama 4,5 tahun namun belum memiliki anak. Apakah selama ini Anda melakukan program kehamilan? Atau memang menunda kehamilan dengan penggunaan kontrasepsi? Apakah selama ini menstruasi teratur? Jika setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2 - 3x/minggu) selama 1 tahun tanpa menggunakan kontrasepsi, kehamilan belum juga terjadi berarti sudah memenuhi kriteria infertilitas primer. Jika memang ada infertilitas primer, perlu dicari penyebabnya baik dari pihak suami maupun istri.

Untuk istri dapat dilakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui anatomi alat kandungan, mungkin pemeriksaan HSG (untuk mengetahui sumbatan saluran tuba), dan pemeriksaan hormonal (tergantung kebutuhan). Sedangkan suami dapat melakukan pemeriksaan analisis sperma (kualitas dan kuantitas). Apabila ada kelainan yang ditemukan maka terapi yang diberikan sesuai dengan penyebab gangguan kesuburan tersebut.

Untuk menunda atau memajukan menstruasi digunakan pil yang mengandung hormonal. Dalam hal menunda atau memajukan menstruasi, efek dari konsumsi pil ini hanya bersifat sementara dan tidak memiliki efek samping terhadap kesuburan. Jadi, terapi hormonal ini aman digunakan bila tidak ada penyakit lain sebelumnya seperti riwayat strok, penyakit jantung koroner, dan lain-lain. Pil hormon ini justru juga digunakan untuk terapi gangguan kesuburan akibat gangguan hormonal dan untuk kontrasepsi.

Kami menyarankan agar Anda dan istri mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi kemungkinan penyebab infertilitas primernya. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar