Sukses

Angina Pectoris
20 Okt 2014, 05:50 WIB
Pria, 19 tahun.
Dok saya mau tanya, kemarin saya mengalami penyakit dalam dengan ciri2 : - Seperti masuk angin tapi tidak mual - Dada kiri terasa diremas - Leher belakang/ tengkuk sebelah kiri rasanya seperti pegal (berlangsung lama dok hampir seharian) - Kepala sedikit sleyengan dan pusing beberapa menit - Tangan, ketiak, dan bahu sebelah kiri juga terasa pegal - Kaki kiri sampai ke dengkul seperti tegang terus Kira-kira apa penyakitnya ya dok? Saat saya searching gejala mirip Angina Pectoris? apakah berbahaya dok? Sekarang kondisi saya sudah lumayan baik namun dada kiri dekat jantung masih ada yg menggantung, namun jika terjadi lagi bagaimana ya dok solusinya? Terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Keluhan nyeri di dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan kulit, otot, tulang, paru-paru, atau jantung. Nyeri dada juga dapat disebabkan oleh masalah psikologis. Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian yang disebut dengan Angina. Penyebab nyeri adalah berkurangnya aliran darah ke jantung. 

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual. Apakah nyeri yang Anda rasakan seperti ini?

Gejala penyakit jantung dapat dicurigai apabila Anda memiliki beberapa faktor risiko terkait, seperti: merokok, kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang tinggi, riwayat keluarga menderita penyakt jantung koroner pada usia muda ( < 55 tahun untuk pria dan < 65 tahun untuk wanita). 

Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami sarankan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan wawancara medis yang lebih mendetil dan pemeriksaan lanjutan, termasuk pemeriksaan stress test bila perlu. Dengan demikian dapat ditentukan penyebab pastinya dan segera mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar