Sukses

Terapi Toksoplasmosis Pada Bumil

20 Oct 2014, 01:27 WIB
Pria, 33 tahun.
Dokter, istri terdeteksi positif toksoplasma IgG positif, IgM negatif, Usia kehamilan 10 minggu. Kami sudah berkonsultasi dngan dokter spesialis kandungan, dan diberikan resep spiramisin 1.5 (sorov) 2 x sehari, yang harus terus dikomsumsi sampai usia kehamilan 5 bln. Pertanyaan saya apakah langkah tsbt diatas sudah cukup ? atau apakah perlu penanganan lainnya ?. Kemudian apakah spiramisin aman dikomsumsi bersama dengan suplemen asam folat (folavit 400mg). Terima kasih atas jawabannya..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Hasil pemeriksaan serologi toksoplasma dengan IgG positif serta IgM negatif pada trimester pertama atau kedua menunjukkan infeksi Toxoplasma gondii yang sudah terjadi sebelum kehamilan (sudah sembuh). Pada kasus seperti ini, risiko infeksi toksoplasmosis kongenital pada janin tidak ada, kecuali ibu yang mengandung memiliki respon imun (daya tahan tubuh) yang lemah (immunocompromised). 

Bila ibu hamil dicurigai atau sudah pasti terinfeksi Toxoplasma gondii yaitu dengan hasil serologi IgG positif IgM positif setelah 2 kali pemeriksaan (pada usia kehamilan kurang dari 18 minggu), maka untuk mencegah penularan pada janin, akan diberikan obat spiramisin. Selain itu perlu dilakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) untuk mendeteksi adanya kelainan pada janin yang mungkin dapat disebabkan oleh infeksi. Setelah usia kehamilan 18 minggu, dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) cairan ketuban untuk melihat apakah ada penularan pada janin. Bila memang ada penularan, obatnya akan diganti.

Perlu diketahui bahwa tiap centre memiliki standar operasional prosedur yang berbeda. Karena itu kami menyarankan agar Anda menanyakan langsung kepada dokter yang merawat istri Anda. Obat spiramisin dan suplemen asam folat dapat diberikan bersama-sama.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar