Sukses

Pankreatitis Sebabkan Diabetes Melitus?

20 Oct 2014, 05:53 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dok, setahun yg lalu saya terkena pankreatitis dan rawat jalan selama sebulan. Sejak saya sembuh, gula darah saya cenderung tinggi (masih batas normal). Saya tidak memiliki riwayat keturunan diabetes dan cenderung tidak makan yang manis-manis dalam keseharian. Tadi pagi saya cek gula darah tidak puasa 135mg/dl. Saya pernah membaca, penderita pankreatitis cenderung gula darahnya menjadi tinggi? Bagaimana menurut Dokter? Terimakasih jawabannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, beberapa hal yang perlu diketahui adalah: 1) Apakah Anda mengalami gejala klasik diabetes seperti sering haus, sering lapar, sering buang air kecil, dan penurunan berat badan? 2) Apakah penyebab pankreatitis Anda adalah alkohol? 3) Apakah Anda masih memiliki gejala-gejala pankreatitis seperti nyeri perut yang menembus ke punggung yang berulang setelah makan?

Diabetes Melitus

Diagnosis Diabetes Melitus (DM) dapat ditegakkan bila anda memiliki gejala klasik DM seperti yang disebutkan di atas, ditunjang dengan hasil pemeriksaan gula darah sewaktu, gula darah puasa, atau gula darah 2 jam pasca pandrial. Bila Anda tidak memiliki gejala klasik DM, dan kadar gula darah puasa > 126 mg/dL atau kadar gula darah sewaktu > 200 mg/dL setelah minimal 2 kali pemeriksaan pada waktu yang berbeda, maka dapat dikatakan Anda menderita Diabetes Melitus.

Pankreatitis

Pankreatitis merupakan inflamasi dari pankreas, sebuah organ yang berperan dalam memproduksi insulin dan glukagon dan beberapa enzim lain yang diperlukan untuk pencernaan makanan (misalnya lipase). Hormon insulin dan glukagon bekerja sama dalam mengatur kadar gula dalam darah. Karena itu bila terdapat gangguan pada pankreas, dapat terjadi gangguan pengaturan kadar dula darah yang menyebabkan diabetes melitus. Delapan puluh persen pankreatitis disebabkan oleh batu kandung empedu atau konsumsi alkohol yang berlebihan.

Diabetes Melitus dan Pankreatitis

Seperti yang telah disebutkan di atas, pankreatitis dapat mengganggu pengaturan kadar gula darah. Karena itu, DM merupakan salah satu komplikasi yang umum ditemukan pada penderita pankreatitis, terutama yang bersifat kronis atau menahun (tanpa adanya riwayat DM pada keluarga). Namun, terdapat penelitian bahwa DM juga dapat muncul pada pasien yang pernah pengalami episode akut pankreatitis. Pankreatitis yang disebabkan oleh konsumsi alkohol lebih sering dihubungkan dengan DM daripada pankreatitis yang disebabkan oleh hal lain.

Karena itu kami menyarankan agar Anda mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam yang pernah merawat Anda untuk dilakukan evaluasi komprehensif kemungkinan diabetes melitus dan/atau pankreatitis kronik pada diri Anda dengan wawancara medis, pemeriksaan fisis, dan pemeriksaan penunjang laboratorium (bila diperlukan). Anda akan mendapatkan tatalaksana sesuai dengan kondisi yang ditemukan. Sementara itu, sebaiknya Anda menghindari konsumsi minuman beralkohol. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar