Sukses

Post Nasal Drip

20 Oct 2014, 10:51 WIB
Wanita, 21 tahun.
Salam sehat, Dok. Di antara hidung dan tenggorokan terasa seperti ada dahak yang mengganjal, tetapi sulit sekali untuk dikeluarkan. Pada malam hari saat beranjak tidur, saya terkadang kesulitan bernafas karena hidung tersumbat. Padahal tidak ada lendir yang keluar dari hidung saya. Saya punya riwayat penyakit maag. Apakah hal ini disebabkan kondisi maag saya? Apakah obat pengencer dahak dan flu dapat saya gunakan dalam kondisi ini? Apabila saya harus menemui dokter, ke spesialis apakah saya harus berobat? Terima kasih..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Kepada Yth Sdri/Ibu terhormat, 

Terima Kasih atas pertanyaan anda. 

Kalau saya lihat dari kondisi yang Ibu jelaskan, sepertinya Ibu menderita penyakit yaitu Post-Nasal Drip (PND) yaitu suatu penyakit dimana terjadi produksi lendir berlebihan oleh lapisan hidung kita. Penyebabnya bisa banyak sekali bisa disebabkan oleh rhinitis (yaitu pilek yang berulang kali) dimana rhinitis bisa disebabkan oleh alergi ataupun non-alergi, sinusitis, ataupun GERD atau reflux asam lambung yang naik keatas. 

Bila dilihat oleh keluhan Ibu dimana terkadang hidung suka tersumbat mungkin ibu ada alergi rhinitis yang bisa menyebabkan penyakit PND ini. Lalu ditambah dengan riawayat penyakit maag, mungkin ibu menderita reflux juga Bu yang ditandai dengan rasa asam atau panas yang naik ke ke leher serta perut yang perih. Reflux juga merupakan salah satu penyebab PND.

Untuk obat yang dapat diminum tergantung dari penyebab penyakit PND ini, 

Kami sarankan agar Ibu konsultasi lebih lanjut ke dokter specialis THT (telingga hidung dan tenggorok) untuk pemeriksaan yang lebih lanjut. 

Demikian jawaban yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar