Sukses

Tinggi Badan & Makanan Ringan

18 Oct 2014, 13:13 WIB
Pria, 16 tahun.
dok saya umur 16 tahun,saya mau tanya apakah kebanyakan konsumsi makanan ringan sperti kripik kentang,jagung yang instan (chitato,happytos) dapat menghambat pertumbuhan tulang saya ? karena saya baca komposisinya terdapat zat2 dengan nama aneh,apakah berpengaruh pada tulang dok? maksih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

  

 

Bapak/Saudara yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

 

Salam sehat selalu! Konsumsi makanan ringan tidak menghambat pertumbuhan tulang. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan ringan yang mengandung pengawet, pewarna ataupun penyedap rasa dalam jangka waktu lama dan sering dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti pertumbuhan tumor dan penyakit-penyakit penuaan seperti hipertensi, gangguan hati, dan lainnya. Untuk itu, Anda perlu membatasi konsumsi makanan ringan yang banyak mengandung pengawet, pewarna ataupun penyedap rasa. 

 

 

 

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua. 

Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :
Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik).

Pada laki-laki puncak pertumbuhan umumnya terjadi pada usia 16-20 tahun. Yang Anda perlukan hanyalah menjaga asupan nutrisi Anda yang cukup protein dan kalsium serta berolahraga teratur. 

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

 

Salam,                                         

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar