Sukses

Menghilangkan Kista Gigi

18 Oct 2014, 22:06 WIB
Wanita, 26 tahun.
siang dok, saya mau tanya cara menghilangkan kista gigi tanpa harus cabut gigi atas dibagian depan gmn solusinya dok? saya pernah konsul ke dokter gigi dipalembang tapi disuruh cabut 2gigi depan bagian atas tapi saya tidak mau. terima kasih. mohon bantuannya
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdr/Sdri yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Klikdokter.com.
Sayangnya Anda tidak menceritakan lebih lanjut mengenai diagnosa kista yang dikemukakan oleh dokter gigi yang telah merawat Anda. Kista yang dapat terjadi di rongga mulut cukup banyak macamnya, namun yang paling sering terjadi adalah kista periapikal yaitu kista yang terjadi sebagai perkembangan lebih lanjut dari infeksi gigi karena karies (gigi berlubang). Jika yang terjadi memang merupakan kista jenis ini, maka terdapat beberapa alternatif perawatan, yaitu:


1. Perawatan saluran akar / perawatan syaraf gigi  (perawatan endodontik). Perawatan ini dapat dilakukan jika kista yang terbentuk  berukuran kecil atau belum terlalu parah. Perlu saya singgung bahwa perawatan ini umumnya membutuhkan lebih dari satu kali kunjungan, dan perlu dilakukan rontgen gigi secara periodik untuk mengevaluasi penyembuhan dari kista tersebut.

2. Pengambilan kista
Jika perawatan saluran akar tidak menunjukkan keberhasilan, maka dapat dilakukan pengambilan kista dengan prosedur bedah minor. Prosedur ini terkadang disertai pengambilan gigi yang terlibat, namun bergantung pada perluasan kista serta pertimbangan medis lain.

Kesimpulannya, kista periapikal belum tentu harus mencabut gigi yang terlibat namun diagnosa perlu ditegakkan dengan benar. Dalam hal ini dapat saya sarankan Anda untuk mencari pendapat kedua, mungkin dari dokter gigi spesialis bedah mulut yang berpraktek di kota tempat tinggal Anda.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg. Martha Mozartha, M.Si
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.coma

    0 Komentar

    Belum ada komentar