Sukses

Steven Johnson Syndrome

20 Oct 2014, 05:30 WIB
Pria, 46 tahun.
Salam kenal,dokter.Ini mgkn bkn tentang mslh kondisi kesehatan saya. Saya ingin menayakan mengenai suami saya,dia terkena diabetes melitus type 2,dan br diketahui bln agustus thn 2012 sampai gula darahnya 400. akhirnya dia berobat kedokter lalu dia diksh obat oleh dokter yg menanganinya. Tetapi suami saya slalu beli obat seperti suplemen yg sering di beli diapotik century tnp berkonsultasi ke dokter. Lalu suami saya terkena asam urat dan kolesterol yg tinggi. Lalu dia membeli obat utk menghlgkan rasa nyeri pd asam uratnya di century tnp konsul ke dokter jg. Dan pd bulan maret thn ini suami saya terkena alergi obat yg ckp parah yaitu Steven Johnson syndrome yg mengakibatkan seluruh kulitnya terbakar sampai terkena paru2 dan mulutnya luka. Puji syukur skrg suami saya sdh bs beraktifitas kembali setelah hmpr 1bln sembuh dr penyakit itu. Skrg msh bekas dikulitnya sperti flek2 hitam. Yang saya ingin tanyakan Apakah bs hilang/bersih kembali kulitnya dr bercak2 hitam itu & hidungnya jg terluka seperti bekas koreng. Dan apakah bs terkena lg bila suami saya slh meminum obat lg. dan berpengaruh tdk dgn diabetesnya? sekrg suami saya jg hrs suntik insulin trs bila ingin mkn. Apakah penyakit SJS sgt berpengaruh keorgan-organ lain gak dok? serta DMnya jg. Terima kasih seblmnya dokter
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Steven Johnson Syndrome (SJS) memang merupakan suatu kelainan kulit dan membran mukosa yang dapat membahayakan jiwa. Sam[ai saat ini penyebab pasti timbulnya SJS masih belum diketahui, dan diduga disebabkan karena adanya kelainan pada sistem imun. Seperti pada kasus suami ibu, SJS sering ditemukan akibat adanya reaksi hipersensitivitas (alergi) terhadap obat-obatan (terutama antibiotik dan obat golongan sulfa), atau akibat adanya infeksi. 

Hingga saat ini, belum ditemukan cara untuk mencegah terjadinya SJS karena timbulnya SJS tidak dapat diperkirakan. Maka untuk menjawab pertanyaan Anda, tidak tertutup kemungkinan bahwa suami Anda dapat terkena SJS lagi. Namun, SJS yang disebabkan oleh alergi obat dapat dicegah dengan menghindari penggunaan berulang obat yang menjadi sumber alergi tersebut. Oleh karena itu, selalu konsultasikan obat-obatan yang akan diminum oleh suami Anda ke dokter dan catatlah selalu obat-obatan yang menimbulkan alergi, serta informasikanlah hal tersebut kepada dokter agar obat tersebut tidak diberikan.

Saat masih mengalami SJS, tentunya seluruh organ tubuh akan terpengaruh. Akan tetapi apabila suami Anda sudah sembuh dari SJS saat ini, maka kemungkinan besar organ-organ lain pun saat ini sudah pulih. Sampai saat ini tidak ditemukan hubungan antara SJS dan Diabetes. Akan tetapi, mengingat bahwa suami Anda sudah menjalani terapi insulin, maka jagalah supaya kondisi diabetesnya selalu ditangani dengan baik. Jangan lupa penanganan gaya hidup dengan olahraga teratur dan pola makan sehat sesuai anjuran dokter.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat (SH)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar