Sukses

Mudah Sakit Flu

20 Oct 2014, 06:46 WIB
Wanita, 22 tahun.
salam sehat dok, saya mau nanya, kemarin saudara saya ada sakit flu dan batuk sekitar 2 minggu sampai batuk-batu tidak berhenti bahkan pernah 2 hari tidak bisa tidur. tapi setelah berobat 2x malah tambah parah, waktu ketiga kalinya udah lumayan, tapi setelah 1 bulan bertikutnya flu dan batuknya kambuh lagi, seperti kalau terkena debu bisa lebih cepat flu dan batuk, terkena angin juga sering batuk-batuk, solusi yang baik menurut dokter gimana? trimaksaih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Penyebab flu dan batuk dapat bermacam-macam, sayang sekali gejala saudara Anda tidak terpapar dengan baik lewat cerita Anda. 

Flu yang timbul sering terutama bila terkena debu atau bersin-bersin sehabis bangun tidur, kemungkinan berupa rhinitis alergi. Hal ini merupakan reaksi alergi yang timbul karena faktor pencetus. Umumnya faktor pencetus adalah berupa suhu yang dingin di malam atau dini hari atau debu di sekitar tempat tidur. Selain flu yang disebabkan oleh alergi, dapat pula disebabkan oleh serangan infeksi virus yang sering dikenal dengan common cold. 

Pencegahan flu dapat dilakukan dengan beristirahat cukup (tidur 7-8 jam sehari), banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup dan minum vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng. peningkatan vitalitas tubuh juga dapat dilakukan untuk pencegahan sakit karena virus mudah menyerang apabila kondisi tubuh sedang turun.

Berikut adalah beberapa artikel yang dapat membantu menjawab pertanyaan Anda:

http://m.klikdokter.com/detail/read/4/150157/awas-musim-batuk

http://m.klikdokter.com/detail/read/2/15031541/8-penyebab-batuk-kronis

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. [SH]

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar