Sukses

Rambut Rontok, Berat Badan Sulit Turun

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Wanita, 38 tahun.
saya ingin menanyakan mengenai sistem metabolisme tubuh. Rambut saya rontok dan jadwal BAB saya juga ngak teratur terkadang 2 - 3 hari. Saya juga beberapa kali ingin diet/menurunkan berat badan tapi tidak pernah berhasil. dan menurut info yang saya dapatkan kenapa rambut saya rontok serta berat badan susah turun itu akibat sistem metabolisme tubuh tidak bagus. Yg ingin saya tanyakan adalah bagaimana memperbaiki sistem metabolisme tubuh agar rambut saya tdk rontok dan berat badan saya juga turun serta jadwal BA bisa teratur.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Perlu diperjatikan dari manakah Anda mendapat informasi mengenai metabolisme tubuh Anda yang tidak bagus. Penyebab rambut rontok memang dapat berbagai macam. Jika rambut Anda sudah rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut  tidak terlalu cepat.  Sedangkan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia (kurang darah atau zat besi), demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti :

  • Banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  • Hindari stres
  • Hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  • Rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  • Cukup istirahat
  • Stop atau hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  • Hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut 

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi .

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah rambut rontok, Anda dapat membaca artikel yang berjudul Makanan Cegah Rambut Rontok.

Pada umumnya, frekuensi buang air besar yang normal berkisar antara 1-2 hari sekali. Apabila Anda mengalami kesulitan, cobalah tingkatkan asupan serat melalui makanan tinggi serat dan tingkatkan asupan air minum. Berikut adalah link artikel yang dapat membantu Anda memahami makanan yang tinggi serat:

https://www.klikdokter.com/healthnewstopics/read/2013/03/22/15031527/10-makanan-kaya-serat

Pada prinsipnya strategi paling benar dalam menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi pemasukan kalori (makanan dan minuman) dan meningkatkan pengeluaran kalori (olahraga / meningkatkan aktivitas), tak lupa komitmen yang tinggi untuk melaksanakannya. 

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan. Apabila Anda susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter ahli Gizi untuk mengetahui diet yang tepat dan sesuai dengan kondisi anda. Berikut adalah link artikel yang dapat membantu menjelaskan strategi dalam menurunkan berat badan:

http://m.klikdokter.com/detail/read/2/15031520/olahraga-dan-berat-badan

http://m.klikdokter.com/detail/read/2/15031521/tips-diet-sehat-dengan-makan-berimbang-setiap-hari

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. [SH]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar