Sukses

Gerakan Janin

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Wanita, 23 tahun.
pagi dokter, dok, saya mau tanya sekarang saya lg hamil 19w. janin udh mulai terasa gerakan halusnya. yg saya tanyakan apakah gerakan janin harus terasa dg frekuensi tiap hari atau beberapa hari aja? berapa jam biasanya janin tidur dan kapan wktu tdurnya?? karena janin saya kadang sehari aktif kdang hanya cedutan sesekali ja. mhon pencerahanya. trims
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Pergerakan dari janin yang dirasakan oleh Ibu hamil memang merupakan sensasi luar biasa dari kehamilan. Beberapa wanita merasakan adanya pergerakan janin atau kedutan antara minggu ke 16 - 20, waktunya berbeda di antara wanita.

Pada kehamilan pertama, sensitivitas Ibu memang belum terlalu peka, namun seiring berjalannya waktu Ibu akan mulai memahami gerakan janin. Seiring dengan pertumbuhan janin, gerakan juga akan semakin kuat.  Gerakan janin biasanya akan mulai sangat aktif pada kehamilan setelah 26 minggu, sehingga saat ini Ibu tidak perlu terlalu khawatir.

Janin tidak akan selalu bergerak, yang perlu diingat adalah bahwa selama aktivitas janin tidak terlalu menurun drastis serta masih dapat dirasakan pergerakan maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Selain itu, ketika Ibu dalam kesibukan Ibu mungkin akan kurang menyadari gerakan yang di buat oleh janin. Ibu akan lebih merasakan gerakan janin ketika anda duduk dan santai/rileks. Ketika Ibu sudah dapat merasakan gerakan janin secara teratur, Ibu akan sudah mengetahui atau menyadari kapan biasanya bayi anda cenderung lebih aktif bergerak. Diharapkan janin dapat bergerak minimal 10 kali per hari, namun bila tidak ada gerakan mungkin janin sedang tidur. Ibu dapat merangsangnya dengan menggerakan/menggoyangkan  perut untuk melihat apakah bayi memberi respon dengan bergerak. Janin yang normal akan meresponnya dengan bergerak kembali.

Setiap hari, ambillah waktu khusus untuk menghitung gerakan janin, pada saat janin cenderung lebih aktif, ambilan posisi yang duduk santai, rileks atau berbaring sambil mendengarkan musik dan mulailah untuk menghitung gerakan janin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. [SH]

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar