Sukses

Kolesterol dan asam urat

19 Apr 2013, 13:58 WIB
Wanita, 48 tahun.
dok, saya mau bertanya tentang kesehatan ibu saya. Beliau 48 tahun dan sudah mengalami menoupouse, dan beliau sering mengalami pegal-pegal di bagian pinggang dan tulang belakang. beberapa hari yang lalu beliau memeriksakan kesehatannya sebagai berikut : -uric acid 4,1 - gula darah sewaktu 111 - cholesterol total 130 - triglicerida 116 yang saya mau tanyakan adalah -bagaimana hasil kesehatnnya tersebut dan apakah hal tersebut berpengaruh terhadap keluhan-keluhannya. jikalau tidak berpengaruh ? -apakah yang menyebabkan keluhannya tersebut sering dirasakan? -apakah itu termasuk gejala asam urat?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda

Apakah hasil lab yang Anda berikan adalah hasil lab setelah puasa atau tidak? Karena untuk pengecekkan profil lipid (kolesterol, HDL, LDL, dan trigliserid) dan gula darah, dianjurkan untuk berpuasa terlebih dahulu 10 - 12 jam.

Keluhan pegal-pegal pada pinggang dan tulang belakang dapat disebabkan karena masalah pada otot, tulang, persendian, persarafan dan kelelahan atau malah kurang olah raga. Untuk itu diperlukan informasi lebih mendetil seperti: sejak kapan, kapan saja dirasakan, dll. Bagaimana dengan pola aktivitas Anda sehari-hari? Bagaimana pola istirahat, olah raga dan pola makan Anda? Selain itu, juga diperlukan pemeriksaan fisik. Jika keluhan Anda tidak semakin berkurang, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik dan wawancara medis yang mendetil. 

Mengenai pertanyaan Anda menyangkut Kolesterol, Anda dapat mengunjungi Rubrik Kolesterol yang kami miliki untuk informasi lengkap.

Sedangkan untuk Asam Urat:

Asam urat atau gout adalah peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh yang tidak dapat dikendalikan sehingga dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti artritis gout (radang pada persendian) atau batu ginjal. Asam urat merupakan zat sisa yang dibentuk oleh tubuh pada saat regenerasi sel. Beberapa orang dengan gout membentuk lebih banyak asam urat dalam tubuh nya (10%), sisa asam urat (90%) dalam tubuh Anda, tidak efektif dibuang melalui air seni. Genetik, jenis kelamin, dan nutrisi (peminum alkohol, obesitas) memegang peranan penting dalam pembentukan penyakit gout.

Tentu saja penyakit ini dapat dikendalikan dengan sempurna melalui diet dan obat-obatan. Sumber dari asam urat adalah makanan, jadi yang Anda perlukan adalah diet rendah asam urat guna membatasi jumlah makanan yang mengandung purin (menyebabkan asam urat tinggi) di dalam asupan sehari-hari. Jadi Anda tetap perlu mengunjungi dokter untuk pemeriksaan kadar asam urat dan agar dapat diresepkan obat untuk mengatasi asam urat Anda. Selain itu Anda juga perlu melakukan diet rendah purin.

Kami sertakan juga artikel: Artritis Gout

 

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

 

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar