Sukses

Flek & Haid

17 Oct 2014, 15:25 WIB
Wanita, 33 tahun.
siang dok.... dok, saya mau menanyakan kenapa ya kl setiap mau mens seminggu sebelumnya saya terkadang pusing2 apa itu normal ya? lalu mens saya tiap bulannya cuma 2-3 hr terkadang di hr ke 4 cm flek coklat aja..mengingat saya pernah mengalami keguguran waktu anak ke 2 dan sampai skr blm hamil lg. dok, sebelum melakukan hubungan saya terkadang melakukan pemanasan dengan memasukkan jari suami saya ke dlm miss v saya, apakah itu bisa mengakibatkan sel indung telur akan masuk lebih dalam ya dok karena dorongan jari itu sehingga akan sulit masuk sel spermanya? apa benar begitu ya dok, karena saya ingin sekali hamil lagi dok. makasih........
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Sebelum menjawab pertanyaan Anda ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan. Apakah selama ini jadwal haid Anda teratur, berapa hari lamanya? Sebelum haid, adakah kegiatan lain yang Anda lakukan (bekerja dengan jadwal yang lebih padat daripada biasanya, sering terlambat makan, sedikit beristirahat, dll)? Apakah Anda sedang mengalami stres tertentu? Adakah obat-obatan yang dikonsumsi sebelumnya?

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.

Siklus haid tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain

  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Stres psikologis
  • Atlit
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
  • Dsb

Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan diatas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan hal ini perlu dievaluasi lebih lanjut oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan sehingga diketahui penyebab dari gangguan siklus haid dan mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Terkait dengan keluhan pusing yang Anda alami, Apakah Anda merasa pusing berputar atau nyeri kepala? Jika nyeri kepala: apakah nyeri kepala ini hilang timbul? Apakah ada penjalaran nyeri? Apakah Anda pernah memeriksakan gula darah, tensi, kolesterol Anda? Apakah Anda sedang mengalami stress? Apakah nyeri kepala hilang dengan beristirahat? 

Pertanyaan Anda mengenai jari suami Anda yang dimasukkan ke dalam vagina, tidak dapat menyebabkan pergeseran sel indung telur/ovarium. Untuk mencapai ovarium, sperma harus "berenang" dan melalui perjalanan panjang melewati rahim, saluran tuba fallopii, hingga ovarium. Jari ataupun benda apapun yang dimasukkan ke dalam vagina, jika tidak steril akan beresiko menyebabkan infeksi pada organ reproduksi Anda. Jika ingin hamil, disarankan agar Anda dapat berhubungan pada masa subur/ovulasi.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar