Sukses

Jari tangan kesemutan

17 Oct 2014, 14:47 WIB
Wanita, 34 tahun.
Dok, saya SC akhir oktober 2012, dari desember pertengahan sampai sekarang jempol, telunjuk, tengah dan sedikit jari manis terasa kebas. awalnya tangan kiri, kemudian diikuti tangan kanan. saya rasakan ketika awal melahirkan beban ditangan krn menggendong bayi. bagaimana mengatasinya Dok, terima kasih sebelumnya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kapan saja kesemutan timbul atau justru berkurang ? apakah keluhan kesemutan ini dirasa semakin bertambah parah atau meluas ke daerah lainnya? bila ada nyeri,apakah terdapat penjalaran nyeri?jika ada kemana arah penjalaran nyeri tersebut?apakah ada keluhan lain seperti baal atau mati rasa,tangan menjadi sulit memegang atau menggenggam,dan lain sebagainya?apakah anda memiliki penyakit lain seperti DM,kolesterol,asam urat atau lain-lainnya?

Berdasarkan keluhan yang Anda sampaikan, kemungkinan Anda mengalami kondisi yang disebut dengan carpal tunnel syndrome, yaitu adanya saraf yang terjepit di pergelangan tangan. Pada penyakit carpal tunnel syndrome, saraf yang terjepit adalah saraf medianus yang mempersarafi ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Cara mengatasinya adalah dengan sering mengistirahatkan tangan dan hindari melakukan pekerjaan yang bertumpu pada pergelangan tangan terlalu lama (misalnya: mengetik, mencuci baju dengan tangan, bermain piano). Untuk itu, ada baiknya jika Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis saraf. 

Semoga bermanfaat. (NO)

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar