Sukses

Perkiraan Masa Subur

19 Apr 2013, 12:49 WIB
Wanita, 29 tahun.
Pagi Dok, Dok Saat ini saya sedang merencanakan untuk program anak kedua hanya saya bingung untuk menentukan masa subur saya. Hari pertama haid terakhir saya tanggal 08 april 2013 siklus haid saya rata-rata 33 hari. saya haid 4 hari sd tanggal 11 april 2013 sudah bersih tetapi tanggal 14 sd 15 saya keluar flek - flek kecoklatan. apakah flek kecoklatan itu sisa haid yang belum bersih dok? lalu bagaimana ya dok menentukan masa subur nya. Terima Kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Terkait dengan flek kecoklatan yang Anda alami, apakah flek - flek tersebut disertai lendir? Apakah disertai keputihan? Apakah juga disertai dengan nyeri perut? Apakah pada menstruasi sebelumnya Anda juga mengalami hal yang sama? 

Mengenai masa subur,bagaimana siklus haid anda selama ini?apakah teratur,maju atau mundur?jika siklus haid anda tidak teratur maka sulit untuk memperkirakan masa subur anda.

Perhitungan masa subur akan efektif bila siklus menstruasinya normal yaitu 21-35 hari. Jika  Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal, perhitungan menjadi tidak akurat dan kemungkinan besar gagal.Jika siklus haid Anda yang teratur, maka perhitungan masa subur Anda adalah sekitar 14 hari sebelum haid Anda berikutnya (plus minus 2 hari).

 

Skema ini dapat mempermudah ulasan yang sudah kami tuliskan diatas .

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

 

Salam

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar