Sukses

Susah Hamil, Diturunkan dari Ibu?

16 Apr 2013, 14:04 WIB
Wanita, 25 tahun.
Selamat siang dok,, saya mau tanya saat ini saya sedang program kehamilan dan yang saya ingin tanyakan apakah ada pengaruh dr keturunan karna dulu sewaktu ibu saya menikah itu 2 tahun baru hamil,, terakhir saya haid tgl 27 maret biasa nya saya haid 1 minggu bln kmrn saya hanya 3 hari dok. terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Selamat siang, Ibu. Kami memahami keresahan hati Ibu. Sudah berapa lama Ibu menikah?

Gangguan kesuburan atau infertilitas primer atau gangguan kesuburan primer memiliki definisi belum mengalami kehamilan setelah berhubungan intim secara teratur selama 1 tahun dan tidak menggunakan kontrasepsi. Apabila hal ini adalah yang dahulu dialami oleh orang tua Anda, maka ada beberapa hal yang perlu diketahui. Kesulitan memiliki anak menyangkut 2 pihak, secara medis perlu diketahui apakah gangguan kesuburan terjadi pada pihak wanita atau pada pihak pria. Apakah pada orang tua Anda telah diketahui letak gangguan pada pihak Ibu atau Ayah?

Jika pada pihak wanita, dalam hal ini adalah Ibu Anda, maka penyebabnya perlu diketahui lebih lanjut. Beberapa jenis gangguan pada proses ovulasi (pengeluaran sel telur) memang dapat diturunkan, namun gangguan pada saluran reproduksi seperti sumbatan saluran tuba karena infeksi tidak diturunkan.

Jumlah darah haid yang keluar dan lama haid setiap bulannya memang dapat bervariasi, selama siklus haid Anda masih berkisar antara 21-35 hari, selama 2-8 hari dengan jumlah darah haid sekitar 25-80 ml/hari maka hal tersebut normal. Variasi jumlah dan lama haid bergantung pada keseimbangan hormon yang mempengaruhi tebal-tipisnya lapisan dinding rahim.

Jika Ibu belum menikah lebih dari 1 tahun, Ibu tidak perlu terlalu kuatir. Menurut penelitian, sedikitnya hanya sekitar 85% pasangan suami istri yang akan hamil dalam satu tahun pertama pernikahan dan 92% pada tahun kedua pernikahan. 

Hubungan seksual juga perlu dilakukan terutama pada saat masa subur. Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi anda berlangsung teratur selama 28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika Anda dan suami melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu.   

Berikut adalah beberapa artikel Kami yang dapat Anda akses terkait dengan persiapan anda  untuk mendapatkan keturunan :

Merencanakan Kehamilan

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

Persiapkan Kehamilan Dengan Konsumsi Asam Folat

Berusaha terlebih dahulu dan setelahnya berdoa dan pasrahkan pada Tuhan. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.Semoga bermanfaat. (JF)
 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar