Sukses

Imunisasi Anak PCV

19 Oct 2014, 07:25 WIB
Pria, 27 tahun.
Pagi Dok Dok saya ingin menanyakan apakah boleh imunisasi PCV dilakukan pada anak usia 12 bulan keatas.... Dan seberapa pentingnya imunisasi PCV itu di indonesia..karena imunisasi PCV itu tidak diwajibkan di Indonesai..dari beberapa artikel yang saya baca imunisasi itu cocok diberikan di negara yang 4 musim, terus anak sering dititipkan ditempat penitipan anak dan anak yang diberi susu formula.... Mohon penjelasannya agar saya dapat mengetahui informasi yang sebenarnya. terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Ya, imunisasi PCV dapat diberikan pada anak usia 12 bulan ke atas. Untuk usia 12-23 bulan, diberikan 2 dosis dengan jarak paling sedikit 2 bulan.

Pada anak di negara 4 musim (terutama musim dingin), anak yang sering dititipkan di tempat penitipan anak dan anak yang tidak mendapatkan ASI memang terjadi peningkatan risiko mendapatkan infeksi oleh kuman pneumokokus invasif.

Di Indonesia sendiri, terutama memang imunisasi PCV direkomendasikan bagi anak di atas 2 bulan yang memiliki risiko tinggi terkena infeksi penumokokus ini, seperti: memiliki penyakit HIV, keganasan, penyakit jantung kronis, penyakit paru atau ginjal kronis, penyakit kelainan darah, diabetes.

Selain itu juga direkomendasikan untuk anak yang tinggal di rumah yang huniannya padat, lingkungan merokok, di panti asuhan dan sering terserang penyakit telinga (otitis media akut).

Namun, semua anak sehat di atas 2 bulan sampai 2 tahun tetap boleh mendapatkan imunisasi ini untuk mendapatkan perlindungan terhadap infeksi pneumokokus invasif.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)
 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar