Sukses

Toksoplasma

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Pria, 33 tahun.
Malam Dokter.. Langsung saja, menyambung pertanyaan kemarin tentang toxoplasma. Usia kehamilan 8 minggu. Istri sudah tes darah dengan hasil sbb., anti toxoplasma Igg - positif / kons. 16, nilai rujukan negatif. anti toxoplasma Igm - negatif / indeks 0.17, nilai rujukan negatif. Disarankan untuk tes ulang 3-4 minggu lagi. yang ingin saya tanyakan: 1, Apakah yg dimaksud dengan nilai rujukan negatif sedangakan Igg - positif ? 2. Apakah wanita hamil yang telah terpapar virus toxoplasma masih bisa diobati, dan bagaimanakah dampaknya terhadap janin ? 3. Apakah janin yang terpapar toxoplasma bisa lahir dan tumbuh dengan sehat ? Terima kasih atas jawabannya..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Jawaban pertanyaan Anda mengenai hasil Toxo yang telah istri Anda lakukan, adalah sebagai berikut:

  1. Bagi penderita yang sudah pernah terkena infeksi toksoplasma sebelumnya maka tubuh akan membentuk sistem pertahanan (sistem imun) untuk melindungi diri dari infeksi ulang. Sistem pertahanan tubuh ini ditandai dengan adanya hasil IgG anti-toksoplasma yang positif, yang menunjukkan bahwa tubuh sudah pernah mendapatkan infeksi rubella sebelumnya. Dengan adanya sistem pertahanan tubuh terhadap rubella ini maka kalaupun terjadi infeksi ulang maka biasanya gejala yang ditimbulkan akan lebih ringan. IgG (+) menandakan adanya infeksi di masa lalu. IgM (+) menandakan infeksi saat ini. Jadi IgG (+) dan IgM (-) menandakan bahwa istri Anda pernah mengalami infeksi toksoplasma di masa lalu. Tapi kondisi istri Anda saat ini tidak sedang menderita Toksoplasma, hal ini ditandai melalui hasil IgM yang negatif.
  2. Adanya IgG yang positif atau infeksi di masa lalu umumnya tidak membutuhkan pengobatan spesifik.  Namun berkonsultasilah ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan mengenai hasil pemeriksaan ini karena dokter Anda yang paling mengerti mengenai kondisi kesehatan istri Anda saat ini.
  3. Karena janin yang dikandung istri Anda saat ini tidak terkena infeksi toksoplasma, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir. Tetapi, sekali lagi kami tekankan ebaiknya Anda dan istri Anda menemui dokter spesialis kandungan untuk berkonsultasi lebih lanjut. Berat ringannya efek terhadap janin tergantung kapan ibu hamil tersebut terkena infeksi. Pada kehamilan 3 bulan pertama, parasit jarang yang menembus plasenta dan menyerang janin, namun bila ternyata bisa menyerang janin, maka janin itu akan menderita banyak masalah kesehatan. Sebaliknya pada kehamilan 3 bulan terakhir, banyak parasit yang dapat menembus plasenta dan menyerang janin, tapi justru sedikit resiko kesehatan bagi janin itu. Bayi ini kemudian setelah lahir bisa menunjukkan gejala toksoplasmosis bila tidak diobati.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. [SH]

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar