Sukses

Berhenti Obat Diabetes

17 Oct 2014, 19:05 WIB
Pria, 40 tahun.
Dear Dok Kapan penggunaan obat glibenclamide dihentikan,atau memang dikonsomsi terus menerus ?apa tanda2nya boleh berhenti selain dari hasil cek?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada dasarnya, penggunaan obat hipoglikemik oral dapat dihentikan jika gula darah Anda (gula darah puasa, gula darah 2 jam setelah makan, gula darah sewaktu) terkontrol dan kadar HbA1C Anda  di bawah 7. Hal ini memerlukan pemantauan dan pemeriksaan rutin. Bila kadar gula darah Anda sudah terkontrol baik, tidak memburuk lagi, dan stabil terkontrol baik hanya dengan modifikasi diet dan olah raga maka pengobatan dapat dikurangi untuk kemudian dihentikan bila memungkinkan. 

Pada kenyataannya, sebagian besar penderita diabetes perlu mengonsumsi obat seumur hidup untuk mengontrol kadar gula darah tubuh karena sangat sulit untuk mendapatkan kondisi ideal seperti yang saya sebutkan di atas. Kondisi yang saya sebutkan di atas sangat jarang terjadi, namun bukan tidak mungkin. Untuk itu, kontrol yang rutin dan teratur dengan dokter Anda sangat diperlukan untuk pemantauan diabetes Anda. Anda dapat mengunjungi Rubrik Diabetes kami untuk info lengkap seputar tips-tips bersahabat dengan diabetes.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar