Sukses

Parafilia
20 Oct 2014, 01:16 WIB
Pria, 42 tahun.
salam hormat. dokter, saya punya teman yg sudah menikah. Saya merasa dia punya kelainan di mana tiap kali berhubungan seks dengan istrinya minta pembantunya untuk menonton. kalau istrinya menolak permintaanya untuk berhubungan seks di depan pembantunya dia akan sangat marah: memukul istrinya atau dia keluar dengan telanjang di depan para pembantunya. Kondisi ini sangat membuat istri teman saya ini menderita. Pertanyaan saya: Mengapa dia berlaku seperti itu? sebaikanya berobat atau konsultasi kepada siapa? Apakah dia masuk kategori sakit jiwa? apakah dia bisa diobati dan menjadi normal? untuk jawabannya saya sampaikan terimakasih. Tuhan memberkati.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

 

Sesuai dengan kondisi yang telah Bapak deskripsikan, maka teman Bapak tergolong dalam kondisi yang disebut dengan parafilia. Parafilia merupakan suatu deviasi seksual dimana seseorang dapat terangsang melalui benda mati, situasi, ataupun individu yang bukan merupakan bagian dari stimulasi normal. 

Parafilia dapat dibagi menjadi beberapa kriteria klinis diantaranya:

  1. Exhibitionisme
  2. Voyeurisme
  3. Fetihisme
  4. Frotteurisme
  5. Pedofilia
  6. Masokisme
  7. Sadisme
  8. Transvestic fetihisme

Secara lebih spesifik kondisi yang dialami teman Bapak tergolong dalam exhibitionisme. Exhibitionisme merupakan suatu dorongan atau perilaku seksual melalui mempertontonkan alat genital maupun melakukan hubungan seksual yang ditonton oleh orang lain. 

Jika kondisi ini mengganggu fungsi hidup dan kualitas hidup seseorang, maka dapat digolongkan sebagai adanya suatu kelainan psikologis.

Untuk informasi lebih jelas dan lebih lanjut, maka saya anjurkan agar Bapak berkonsultasi dengan psikiater dan dapat diberikan terapi melalui medikasi dan psikoterapi.

Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar