Sukses

Kolesterol dan DM

09 Apr 2013, 07:50 WIB
Pria, 43 tahun.
Dokter, 2 hari lalu saya cek kimia darah, Trigriserida 589, Cho 217, HDL 32, LDL 65, Gula darah 128. Mohon saran Dokter. Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sebelumnya perlu diketahui apakah sebelum pengecekkan bapak berpuasa terlebih dahulu atau tidak? Karena nilai - nilai tersebut dapat bervariasi dan bergantung dari apa yang bapak konsumsi sebelumnya. Untuk pengecekkan kolesterol yang lebih valid, dianjurkan agar sebelumnya berpuasa terlebih dahulu 10 - 12 jam. 

Berikut ini kami sertakan nilai-nilai kolesterol sebagai referensi:

1.    Total kolesterol  :
Nilai Normal < 200 mg/dl
Perbatasan tinggi 200 - 239 mg/dl
Tinggi > 240 mg/dl

2.    LDL kolesterol  :
Optimal < 100 mg/dl
Mendekati optimal 100 - 129 mg/dl
Perbatasan tinggi 130 - 159 mg/dl
Tinggi 160 - 189 mg/dl
Sangat tinggi > 190 mg/d

3.    HDL kolesterol  :
Rendah < 40 mg/dl
Tinggi   60 mg/dl

4.    Trigliserida :
Normal < 150 mg/dl
Perbatasan tinggi 150 -199 mg/dl
Tinggi 200 - 499 mg/dl
Sangat tinggi > 499 mg/dl

Keadaan profil lipid yang tinggi tidak boleh dibiarkan lebih lanjut dan harus ditangani segera. Akan lebih baik jika kondisi Anda dipantau langsung secara teratur untuk mencegah dampak yang lebih lanjut. 

Selain pengobatan, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dan melakukan olah raga.  Berikut beberapa judul artikel kami yang dapat Anda baca seputar kolesterol:

Kolesterol

Untuk penjelasan mengenai dampak kolesterol terhadap tubuh berikut ini kami sertakan beberapa artikel yang semoga dapat bermanfaat bagi anda :

Kolesterol dan Jantung

Kolesterol dan Stroke

Kolesterol dan Hipertensi

Kolesterol dan Aterosklerosis

Dampak Hiperkolesterol

 

 

Diagnosis diabetes melitus hanya dapat ditegakkan setelah terbukti dengan pemeriksaan gula darah. Kadar gula darah yang jelas mengindikasikan diabetes adalah yang berada dalam kisaran > 200 mg/dl untuk kadar gula darah sewaktu (GDS) atau >=126 mg/dl untuk kadar gula darah puasa (GDP).  dan Kadar gula darah yang diperiksa saat 2 jam setelah minum larutan glukosa 75 gram (2 jam post prandial/2jamPP). Bila kadarnya >=200 mg/dl maka dapat dipastikan Anda menderita diabetes, kadar 140-199 mg/dl dikatakan Anda menderita gangguan toleransi glukosa, dan kadar < 140 mg/dl menandakan bahwa Anda tidak menderita kedua keadaan tersebut (normal).

Saran kami sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan toleransi glukosa terlebih dahulu. Bila didapatkan kadar gula darah 2 jam PP > 140 mg/dl, maka akan lebih baik bila Anda segera mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam, terutama bagian endokrin metabolik dan diabetes untuk konsultasi lebih lanjut. Karena penyakit yang terkait dengan kadar gula darah ini merupakan salah satu penyakit yang memerlukan penanganan secara dini dan optimal.

Dan terlepas dari kenyataan mengenai keadaan Anda saat ini - Apakah Anda menderita diabetes atau tidak? - pengaturan pola makan sehat dan latihan jasmani sedini mungkin memiliki banyak manfaat. Mulailah melakukan latihan jasmani minimal 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu. Idealnya juga diperlukan peran ahli gizi adalah merencanakan menu makan Anda. Semoga dapat membantu.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar