Sukses

Bentuk Kaki pada Bayi dan Popok

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Wanita, 0 tahun.
Apa penyebab kelainan kaki pada bayi, seperti kaki O atau X. Dari faktor mana saja? Apakah keturunan? Atau kebiasaan? Dan untuk penggunaan popok bayi disarankan berapa lama sehari? Apa boleh seharian?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


 

Kaki berbentuk O atau X merupakan jenis kelainan yang paling sering ditemukan pada anak balita. Kaki X atau di dunia medis disebut sebagai genu valgum, dan kaki O atau genu varum gangguan pertumbuhan tulang kaki yang menyebabkan terjadinya pergeseran rotasi pada persendian antara tulang paha dan tulang lutut. Gangguan pertumbuhan ini juga mengakibatkan sudut yang terbentuk antara kedua tulang tersebut menjadi tidak normal.


Penyebab kelainan ini sifatnya multifaktorial, faktor genetik atau keturunan merupakan salah satunya, akan tetapi juga ada sejumlah faktor lain, yaitu:  

  • Posisi tidur yang salah, misalnya tengkurap seperti katak. Jika berlangsung lama, kebiasaan ini dapat mengakibatkan gangguan rotasi dan bentuk tungkai.
  • Kebiasaan duduk yang salah, misalnya duduk dengan posisi kaki melengkung ke dalam.
  • Kebiasaan menggendong yang salah, misalnya saat digendong menyamping, kaki anak dibiarkan melingkari tubuh Anda dan membentuk sudut 90 derajat.
  • Pemakaian baby walker yang tidak tepat. Apabila anak belum cukup kuat menopang berat tubuhnya, ia akan memaksakan salah satu kakinya untuk menyangga seluruh berat tubuhnya. Akibatnya, tungkai bawah dan pergelangan kaki saja yang terlatih, sehingga terjadi ketidakseimbangan kekuatan otot.

Untuk penggunaan popok, sebaiknya diganti setiap popok terisi atau setiap bayi melakukan BAB atau BAK, justru jangan dibiarkan seharian. Hal ini juga akan membantu menjaga kesehatan kulit bayi Anda karena mencegah kelembaban yang dapat menyebabkan iritasi ataupun infeksi kulit bayi yang masih sensitif. 

Pada umumnya, sehari Anda dapat mengganti popok 6-8 kali. Frekuensi mengganti popok yang kotor ini juga dapat menjadi panduan bahwa kebutuhan nutrisi bayi Anda terpenuhi dengan baik.

Berikut kami sertakan link artikel mengenai popok:

https://www.klikdokter.com/tumbuhkembanganak/read/2010/07/05/89/pemakaian-popok-yang-sehat

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. [SH]

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar