Sukses

Kadar Ureum

17 Oct 2014, 00:56 WIB
Wanita, 34 tahun.
Selamat siang dok Saya mau tanya kemarin cek darah dan dari hasil cek tersebut ternyata ureum saya hanya 0,6 ml/g. Apakah kondisi tersebut masih dalam batas normal atau tidak.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Sebelum kami memberi rentang yang normal, mungkin Ibu sebaiknya mencek kembali hasil tes darah Ibu. Mungkin Ibu keliru atau tertukar antara hasil kreatini dan hasil ureum?

Kami, informasikan bahwa batas normal kadar ureum kreatinin berbeda antara wanita dan pria. Selain itu, antara laboratorium yang satu dengan yang lainnya mungkin ada sedikit perbedaan. 

Pada umumnya batas normal ureum pria adalah 15-38 mg/dl, sedangkan wanita 7-18 mg/dl.
Kadar kreatinin normal pada pria adalah 0,7-1,4 mg/dl, sedangkan pada wanita 0,6-1,2 mg/dl.

Apabila hasil yag Ibu lampirkan adalah benar hasil ureum berarti kadarnya rendah, akan tetapi apabila hasil tersebut adalah hasil kadar kreatinin maka hasil Ibu normal.

Pemeriksaan kadar ureum dan kreatinin dalam darah biasanya menjadi acuan untuk mengetahui adanya gagal ginjal akut yang ditandai dengan penurunan mendadak kecepatan penyaringan ginjal, disertai dengan penumpukan sisa metabolisme ginjal yaitu ureum dan kreatinin.

Apabila terdapat hasil yang tidak normal, apalagi bila Ibu sudah mengalami gejala atau keluhan, kami sarankan Ibu menemui dokter spesialis penyakit dalam segera.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. [SH]

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar