Sukses

Fobia

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Pria, 21 tahun.
dok sya ingin bertnya. tentang fobia sosial. setelah sy baca dan mencari informasi. sy sepertinya trmsuk yg fobia sosial. seperti kaku dalam situasi banyak orang, tak tahu harus bertindak apa saat dalam bnyak orang. susah dekat dengan orang yang baru kenal dan wanita asing. dok dengan keterangan sy, apkh sy yang trmsuk fobia sosial? dan bagaimana cara mengatsi fobia ini?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Kepada Yth Sdri/Ibuterhormat, 

Terima Kasih atas pertanyaan Anda. 

Fobia sosial atau biasa disebut "Social Anxiety Disorder" adalah suatu kelainan kecemasan yang kejadiannya cukup sering dalam penduduk. Kelainan ini ditandai dengan ketakutan pada situasi-situasi sosial tertentu yang dapat menyebabkan stres dan berkurangnya fungsi kehidupan sehari-hari. Kelainan ini dapat disebabkan oleh rasa takut akan dihakimi, dipermalukan oleh orang lain akibat perilaku diri kita sendiri.  Kelainan ini dapat muncul dalam usia berapa saja, bahkan sejak usia muda. Kelainan ini dapat dipicu oleh berbagai macam penyebab seperti dari lingkungan sekitar. 

Gejala yang dapat muncul adalah berkeringat berlebihan, deg-degan, gemeteran, mual, susah berbicara, hingga serangan panik. 

Ada beberapa pengobatan untuk penyakit/kelainan fobia ini seperti obat dan psikoterapi. Kami anjurkan untuk Sdri/Ibuuntuk konsultasi dengan Dokter Psikiatri agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Demikian jawaban yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar