Sukses

Perut Buncit Sulit BAB

19 Oct 2014, 09:29 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dok, saya mempunyai anak perempuan usia 3 tahun 8 bulan. Anak saya ini perutnya buncit. Satu-satu nya kejanggalan yang saya tahu adalah masalah BAB nya yang keras dan kecil-kecil seperti kotoran kambing. Anak saya juga sering sekali sakit panas, batuk, pilek, hampir setiap 2 bulan sekali. Hal ini terjadi sejak anak saya usia sekitar 1-2 tahun.Sekedar informasi, anak saya ini sudah tidak minum ASI sama sekali sejak usia 7 bulan dan setelah usia 7 bulan anak saya minum susu S26(sesuai tahapan) sampai sekarang. Sebenarnya apa yang terjadi dengan anak saya, Dok? Apa yang harus saya lakukan agar anak saya bisa senantiasa sehat? Terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelumnya ada hal yang ingin kami tanyakan, apakah buang air besar selalu sulit dan kotorannya selalu kecil-kecil seperti kotoran kambing? Sudah berapa lama hal tersebut dialami? Apakah dari sejak lahir? Perut membuncit dapat dikarenakan oleh banyak hal misalnya memang anak gemuk, atau dapat juga karena memang terdapat masalah di dalam perut anak Ibu, misalnya kotoran (feces) yang menumpuk karena tidak dapat keluar, terdapat cairan di dalam perut, tumor, dan lain sebagainya. Sulit BAB dapat disebabkan karena konstipasi fungsional (sembelit tanpa gangguan organ), atau dapat juga karena gangguan organik, misalnya kelainan pada saluran cerna. Hal tersebut perlu dikonfirmasi melalui pemeriksaan fisik dan bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang tambahan, misalnya USG perut. 

Oleh karena itu, kami menyarankan Ibu untuk membawa anak berobat ke dokter spesialis anak agar dapat ditelusuri dengan jelas gangguan yang dialami oleh anak Ibu. Menurut kami, untuk frekuensi sakit 2 bulan sekali pada anak-anak seusia tersebut masih termasuk normal. Anda dapat sekalian memeriksakan hal tersebut ke dokter spesialis anak untuk mengetahui apakah terdapat gangguan yang lebih serius.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar