Sukses

Bentol Alergi

31 Mar 2013, 14:07 WIB
Pria, 21 tahun.
dokter saya ingin bertanya... saat ini saya sedang menderita semacam alergi yang menyebabkan munculnya urtikaria selama 3 hari ini. saya belum pergi ke dokter untuk memeriksakannya, tapi saya sudah mengkonsumsi obat cetirizine 10 mg 1x/hari namun belum ada perkembangan. lesi yang muncul hilang timbul. yang ingin saya tanyakan adalah: 1. apakah saya perlu menambah dosis obat yang saya minum? 2. apakah ada obat alternatif lain yang bisa saya pilih? 3. atau apakah saya perlu memeriksakannya ke dokter terlebih dahulu?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan Anda adalah urtikaria selama 3 hari. Apakah Anda sudah pernah mengalami hal ini sebelumnya? 

Urtikaria atau dikenal awam sebagai biduran memang merupakan reaksi alergi. Untuk itu, selain pengobatan, perlu diketahui hal apa yang menyebabkannya. Ini diperlukan karena penanganan alergi yang terbaik adalah dengan menghindari pencetus yang menyebabkan terjadinya gejala. 

Adapun penyebab terjadinya urtikaria, meliputi:

  1. Obat (obat minum, sabun, bahan kosmetik, dll)
  2. Makanan
  3. Gigitan/sengatan serangga
  4. Trauma fisik
  5. Bahan yang dihirup (jamur, debu, bulu binatang)
  6. Infeksi (bakteri, virus, cacing)
  7. Gangguan emosional
  8. Faktor keturunan
  9. Beberapa penyakit seperti keganasan, hepatitis, hipertiroid.

Untuk itu sebaiknya kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin, terlebih lagi Anda sudah mengonsumsi obat Cetirizine selama 3 hari dan belum ada perkembangan. Diperlukan wawancara medis yang mendetil untuk mengetahui penyebab  alergi Anda. Mungkin diperlukan pemeriksaan alergi seperti uji cukit kulit atau uji tempel, untuk mengetahui penyebab reaksi alergi Anda. Pemberian obat cetirizine setelah 3 hari tanpa perkembangan dalam gejala memerlukan pemeriksaan dokter lebih lanjut. Dokter akan memantau dalam penyesuaian dosis dan penanganan efek samping obat.


Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

 
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar