Sukses

Gigi Susu Terlambat Tumbuh

20 Oct 2014, 06:07 WIB
Wanita, 24 tahun.
anak saya masih saya beri ASI.MP-ASInya lunak dan padat keduanya mau.. bubur,nasi tim,dan nasi biasa bahkan buah seperti apel dsb anak saya bisa mengunyah menggunakan gusinya.. itu gimana ya dok?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.
Rata-rata gigi susu anak tumbuh pertama kali saat anak berusia +/-  6 bulan. Diawali dengan gigi seri bawah yang rata-rata tumbuh sekitar usia 6-10 bulan, sedangkan gigi seri atas tumbuh sekitar usia 8-12 bulan. Meski demikian, kecepatan pertumbuhan gigi antara anak yang satu dengan anak lainnya belum tentu sama. Ada yang tumbuh lebih cepat tapi ada juga yang lebih lama. Tidak sedikit anak yang baru tumbuh gigi pertama saat usianya mencapai 1 tahun, dan saat gigi tersebut keluar boleh jadi lebih dari satu gigi dalam waktu bersamaan. Hal tersebut adalah variasi normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Jika Anda perhatikan lebih seksama, apakah ada tanda-tanda seperti benjolan di gusinya? Benjolan tersebut adalah gigi susu yang tak lama lagi akan keluar menembus gusi. Pemberian makanan padat dapat terus dilanjutkan, supaya otot-otot pengunyahan, gigi dan tulang rahang akan bekerja lebih keras dan memberi stimulasi bagi pertumbuhan gigi dan tulang. Namun jenis makanan tentu perlu disesuaikan dengan usia anak Ibu. Pertumbuhan gigi juga dapat dirangsang dengan memberi anak mainan yang dapat digigit-gigit. Fungsinya sama, yaitu untuk memberi stimulasi bagi gigi dan tulang. Namun jangan lupa memperhatikan kebersihan mainan tersebut mengingat mainan itu akan masuk ke mulut anak, dan pilih mainan yang aman dan bebas zat beracun.

Jika usia anak sudah lebih dari 1 tahun dan giginya belum tumbuh juga, ada baiknya Anda berkonsultasi langsung ke dokter gigi spesialis gigi anak (drg Sp.KGA) untuk mencari penyebabnya dan bagaimana mengatasinya.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg. Martha Mozartha, M.Si
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar