Sukses

Gigi Susu Tak Kunjung Tanggal

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Pria, 7 tahun.
slamat siang dokter,mau tanya anak saya sudah mau menginjak 7 thn kurang 3 bulan tp sampe skrng saya perhatikan giginya blm ada yang tanggal 1 pun pdhal saya liat teman2 seumurnya dah pada ompong dan ganti gigi...apakah masih normal dok?anak saya mmng rajin menyikat gigi dan mmng gak ada giginya yang bolong cmn ada sdikit flek gejala mau lubang aja..cmn sy khawatir giginya blm ada yang ganti/tanggal...trmish dok..mhn jawabannya..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com
Gigi tetap pada umumnya tumbuh secara berurutan dalam rentang waktu tertentu namun kecepatannya  tidak sama pada tiap-tiap anak. Gigi susu yang pertama tanggal biasanya didahului oleh gigi seri bawah pada umur sekitar 6-7 tahun, diikuti dengan gigi seri atas pada 7-8 tahun. Menurut literatur, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi erupsi (pertumbuhan) gigi tetap pada anak.

- Gender. Pada umumnya anak perempuan lebih cepat bicara dan lebih cepat mengalami pubertas dibandingkan anak laki-laki. Demikian juga untuk pertumbuhan gigi tetap, biasanya anak perempuan lebih cepat tumbuh gigi dan jaraknya dapat mencapai 4-6 bulan daripada anak laki-laki.
- Genetik. Gen memainkan peranan penting dalam berbagai tahap tumbuh kembang anak, termasuk juga erupsi gigi. Ada kemungkinan jika orang tua mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi, anaknya pun dapat mengalami hal yang sama.
- Nutrisi. Anak dengan gizi yang kurang tercukupi dapat mengalami keterlambatan erupsi gigi, baik gigi susu maupun gigi tetap. Hal ini juga berkaitan erat dengan faktor sosioekonomi dan kondisi psikologis anak.
- Kondisi sistemik. Meskipun relatif jarang terjadi, keterlambatan erupsi gigi dapat menjadi pertanda awal bahwa anak mengalami gangguan sistemik tertentu, seperti misalnya gangguan tiroid atau defisiensi mineral.
- Benih gigi tetap memang tidak ada.

Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai hal ini, namun ada baiknya Anda membawa anak Anda berkonsultasi ke dokter gigi spesialis gigi anak (drg. Sp.KGA) yang berpraktek di daerah tempat Anda berdomisili. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan secara langsung untuk melihat apakah ada benih gigi tetap yang sudah hampir menembus gusi, biasanya akan terlihat seperti tonjolan yang khas. Jika dibutuhkan, dokter gigi akan merujuk ke bagian radiologi dan dilakukan pemeriksaan foto rontgen untuk melihat posisi benih gigi tetap.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Jika masih ada hal yang ingin Anda tanyakan, silakan kirimkan kembali ke redaksi kami.
Drg. Martha Mozartha, M.Si
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar