Sukses

Haid Tidak Teratur

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Wanita, 25 tahun.
selamat sore dok, sekedar bertanya saja, sudah 3 bulan terakhir ini menstruasi saya tidak teratur. biasanya hanya lewat 2 atau 3 hari misalnya november tanggal 23 bulan desembernya mens tanggal 25 / 26. untuk yang sekarang tidak teratur. November 2012 saya mens tanggal 19, kemudian Desember 2012 kemarin saya mens tanggal 26, January saya tidak menstruasi, dan february saya mens tanggal 11. yang mau saya tanyakan untuk bulan maret ini harusnya saya mens tanggal berapa ya dok? terima kasih sebelumnya. salam, Wati
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Lama siklus haid yang normal adalah antara 21 - 35 hari. Jadi, maju atau mundur sampai 5 - 7 hari, asal masih di dalam rentang 21 - 35 hari tersebut, berarti masih normal. Siklus haid tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal.

Gangguan keseimbangan hormonal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti:

  • Aktivitas fisik yang terlalu berat (ekstrem) atau kelelahan fisik.
  • Terlalu kurus (lemak tubuh kurang dari 15 – 17%). Keadaan ini mempengaruhi proses pembentukan hormon. Jika seorang perempuan mengalami kelainan makan, seperti anoreksia atau bulimia, perubahan hormonal yang disebabkan dapat berujung pada berhentinya menstruasi.
  • Obesitas. Adanya jaringan lemak yang berlebih pada seorang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan juga mempengaruhi proses ovulasi (pengeluaran sel telur dari indung telur).
  • Stress psikis. Stress dapat mempengaruhi fungsi hipotalamus sehingga menstruasi berhenti. Karena itu jika stress berkurang, menstruasi muncul kembali.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antipsikotik, obat kemoterapi, dan kortikosteroid oral.
  • Rokok dapat meningkatkan angka kejadian terjadinya amenorea sekunder (berhentinya siklus menstruasi), menyebabkan siklus menstuasi jadi tidak teratur, mempercepat waktu timbulnya menopause sekitar 1 hingga 2 tahun lebih awal.

Seharusnya dengan siklus yang normal, bulan Maret ini haid Anda plus minus 1 minggu dari tanggal 11.

Untuk selanjutnya, kami sarankan Anda menghidari stres dan melakukan gaya hidup sehat (olahraga teratur dan makan seimbang serta tidur cukup) untuk menjaga keseimbangan hormonal Anda.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga membantu. [SH]

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar