Sukses

Batuk Lama, Apakah TB?

16 Oct 2014, 13:40 WIB
Pria, 29 tahun.
Salam hangat, dokter saya ingin menanyakan, bbrp waktu yg lalu saya di diagnosa mengalamai gejala bronkhitis oleh dokter di sebuah klinik di kawasan Tj. Duren, karena saya batuk2 > dr 3 bln kemudian ybs memberikan obat racikan, (Syrup Dextromethorphan) dan 1 tablet Loratadine 10 mg, serta meresepkan pula Methylprednisolone 8 mg 1x1 yg ingin saya tnykan setelah konsumsi obat ini malam nya saya batuk dan mengeluarkan dahak yg disertai darah, dan juga saya demam (38,5 C) dan siklus demam ini naik - turun, apakah saya perlu berkonsultasi dgn dokter Sp.P (K) atau ada indikasi juga kalo saya TB? krn dokter td memberikan saya surat untuk rontgen Thorax dgn menuliskan diagnosis: batuk kronis, Terima kasih atas masukannya dan salam sejahtera
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudara yang terhormat, 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Kami setuju dengan pendapat dokter Anda bahwa sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan rontgen thorax untuk membantu penegakkan diagnosa. Batuk lama atau batuk kronis dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya:

  1. Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)
  2. Alergi
  3. Asma
  4. Tuberkulosis (TBC)
  5. Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)

Untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit lainnya dan membantu penegakkan diagnosa yang pasti diperlukan pemeriksaan tambahan seperti foto rontgen thorax dan pemeriksaan dahak. Tata laksana yang dilakukan dokter Anda sudah benar. Jangan lupa untuk kontrol kembali ke dokter Anda dengan membawa hasil rontgen thorax Anda. Apabila Anda ingin berkonsultasi dengan dokter spesialis paru pun tidak masalah. Anda dapat menemui dokter spesialis paru dengan membawa hasil rontgen Anda dan berkonsultasi langsung.

Sebagai informasi, berikut kami lampirkan artikel tentang beberapa penyakit batuk kronis:

http://m.klikdokter.com/detail/read/4/150157/awas-musim-batuk-

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga membantu Anda. [SH]

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar