Sukses

Dermatitis Kontak

19 Mar 2013, 03:28 WIB
Wanita, 32 tahun.
saya mempunyai masalah dengan kulit wajah, sepertinya akibat dari salah memakai cream wajah yang baru saya pakai 3 hari yang lalu.gejala yang timbul adalah timbul bintik-bintik kemerahan di daerah hidung dan sekitar mulut serta di sebagian pipi, kasar dan kering, serta gatal apalagi jika kondisi kulit dalam keadaan basah.apakah gejala ini akan hilang dengan sendirinya, atau adakah obat/perawatan sementara untuk mengatasinya sebelum saya mengunjungi dokter kulit. trimakasih atas jawabannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Keluhan yang Anda alami memang kemungkinan besar disebabkan oleh reaksi terhadap krim yang Anda gunakan yang disebut dermatitis kontak.

Dermatitis kontak adalah inflamasi / peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar dan hal ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut, dalam kasus ini adalah krim wajah yang Anda gunakan. Untuk membantu mengatasi gejala sebaiknya diberikan terapi topikal dengan steroid. Terapi ini harus diresepkan oleh dokter dan dijalankan sesuai petunjuk dokter. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghentikan penggunaan krim wajah tersebut (menghindari pemicu), menghindari penggunaan air panas pada kulit, dan memberikan pelembab (moisturizer) pada lesi.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar