Sukses

Jerawat Mengeras di Kening

20 Oct 2014, 05:51 WIB
Wanita, 30 tahun.
Salam Dok, saya mau konsultasi mengenai kutil di kening saya. awalnya sama sekali tidak ada masalah dengan kulit wajah saya, namun memang terkadang timbul jerawat selama PMS saja. jari-jari saya suka gatal kalo ada jerawat, maunya dipegang2 aja. nah ada 1 jerawat tumbuh di kening lalu sering saya pegang2,lama2 kok kulitnya semakin keras,permukaannya kasar,dan menonjol. yg mau saya tanyakan : 1. kenapa kok bekas jerawat bisa berubah jadi kasar 2. adakah cara untuk menghilangkannya trims
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Jerawat dapat timbul karena berbagai hal, dan faktor hormonal memang merupakan salah satu faktor penyebabnya. 

Mengenai penanganan, sebaiknya Anda menghindari menyentuh ataupun memegang jerawat Anda, karena hal ini dapat menyebabkan infeksi.

Dalam kasus Anda, obat sebaiknya diberikan setelah melalui pemeriksaan wajah secara langsung terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Setiap kasus jerawat memiliki keunikan tersendiri, hal ini dikarenakan jerawat memiliki berbagai tipe jerawat dengan penanganannya yang berbeda-beda. 

Kulit jerawat dapat menjadi keras atau kasar apabila dikelupas karena akan timbul jaringan parut dalam proses penyembuhannya.

Tindakan terpenting yang dapat Anda lakukan saat mengalami jerawat adalah membersihkan kulit wajah dengan sabun yang pH-nya normal (pH 6-7) 3x/hari dan hindari memegang wajah khususnya daerah sekitar jerawat. Untuk mencegah timbulnya jerawat, kuncinya adalah hidup bersih dan makan dengan pola makanan bergizi. Sisanya cukup hindari penggunaan kosmetik yang berganti-ganti merk, gunakan produk kecantikan yang non-comedogenic (tidak mencetuskan komedo) dan untuk kulit berminyak. 

Segeralah berkonsultasi dan berobat ke dokter jika dirasa mengganggu, agar semakin cepat diberikan penanganan dan pengobatan secara medis. Jangan menggunakan obat jerawat sembarangan tanpa petunjuk dokter

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga dapat membantu (SH)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar