Sukses

obat pereda nyeri paling aman

20 Oct 2014, 09:01 WIB
Pria, 25 tahun.
dokter,obat pereda nyeri merk apa yang paling efektif dan aman ,untuk meredakan nyeri seperi sakit gigi,atau sakit kepala,? terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bpk/Sdr yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.
Obat pereda  nyeri (analgesik) ada banyak macamnya, masing-masing memiliki cara kerja yang berbeda. Saya harap Anda maklum bahwa dengan alasan etis kami tidak dapat merekomendasikan obat merk tertentu.  Jika Anda mengalami nyeri yang ringan, Anda dapat menggunakan  obat analgesik yang tersedia di apotik  atau toko obat. Namun untuk nyeri yang berat tentu Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, dan obat pereda nyeri yang akan digunakan harus diperoleh dengan resep dokter.
Obat-obat seperti golongan acetaminophen yang lebih dikenal sebagai paracetamol dan golongan ibuprofen dapat dibeli tanpa resep, dan dapat digunakan untuk meredakan nyeri gigi atau sakit kepala. Obat analgesik tersebut tersedia dalam berbagai merk. Untuk efektivitas obat ini sangat berkaitan dengan berat ringannya penyakit dan dosis yang digunakan. Obat analgesik asam mefenamat sebetulnya termasuk obat yang harus diperoleh dengan resep dokter.

Meski dapat dibeli dengan mudah, penggunaan obat pereda nyeri tanpa resep juga tidak bisa sembarangan karena dapat menimbulkan efek samping. Misalnya Paracetamol sebaiknya tidak digunakan secara berlebihan, dosis maksimumnya adalah 4 gram atau 8 tablet paracetamol 500mg per hari. Ibuprofen tidak dianjurkan untuk digunakan bagi wanita hamil dan menyusui.Beberapa obat analgesik dapat menimbulkan gangguan lambung, oleh karena itu sebaiknya dikonsumsi setelah makan (lambung tidak dalam kondisi kosong) untuk membantu mengurangi efek samping obat terhadap lambung.

Perlu saya singgung sedikit, khususnya mengenai nyeri pada gigi, meminum obat pereda nyeri tidak akan menyelesaikan masalah selama faktor penyebab belum diatasi. Ada baiknya penderita berkonsultasi ke dokter gigi untuk mendapatkan permeriksaan secara klinis (visual secara langsung) sehingga dapat diketahui apa penyebab dari rasa nyeri yang timbul. Contohnya, jika penyebabnya adalah gigi yang berlubang akibat karies, maka gigi tersebut harus ditambal. Jika tidak, obat pereda nyeri hanya bersifat sementara dan infeksi kuman penyebab karies tetap berlanjut.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha, M.Si
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar