Sukses

Sumbing Langit-Langit Mulut

19 Oct 2014, 19:38 WIB
Wanita, 23 tahun.
saya wanita 23 tahun, sejak lahir saya menderita sumbing langit2... menurut orang2 yang mendengar, suara saya sengau...dan itupun saya alami saat saya mendengar rekaman suara saya sendiri.namun anehnya,saat berbicara saya tidak mendengar keanehan pada suara saya...telinga saya mendengar bahwa suara yang saya hasilnya sama spt org normal pd umumnya,mungkin karena itulah selama ini saya mengabaikan kejanggalan pd diri saya ini. Pada saat usia 21 tahun, saya yang mulai dewasa berpikir bahwa saya ingin sembuh,lalu saya mncoba berkonsultasi dengan dokter ahli bedah plastik di RSUD malang, beliau mengatakan kepada saya bahwa kelainan saya ini seharusnya telah tertangani sejak usia 9thn (ntah lah kenapa orang tua saya tdk mengambil tindakan), bahwa suara normal yang saya dengar ini hanya khayalan, dan klo saya ingin operasi pd saat itu hny akan memperbaiki kondisi saya scr estetika kecuali klo saya mengikuti speech theraphy hingga 2thn lamax (sedangkan status saya saat itu mahasiswa semester 6)....lalu saya mundur mengingat kesibukan saya saat itu dan harapan tipis yg dokter sampaikan saat itu. Skrg saya mulai berpikir ingin mncoba lg,mskipun harapan tipis, mskipun butuh proses lama. Yang saya ingin tanyakan, apakah suara normal yg saya dengar ini hny hayalan yg spt dokter katakan atau memang hal ini bisa dijelaskan secara medis?sebab seandainya hayalan, knp saya bs mndengar klo suara saya sengau ketika itu berupa rekaman... dan yg kedua, apakah benar harapan normal utk saya sangat tipis?mskpn nanti saya ingin berjuang keras utk melakukan speech theraphy?? terimakasih byk dokter,,,saya mohon kesediaannya utk menjawab :-)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Tidak gampang bagi kami untuk memberikan jawaban yang tepat apabila kami tidak mendengar langsung suara Anda. Tetapi pada pasien dengan sumbing langit-langit memang pada umumnya terdapat gangguan bicara sehingga biasanya suara yang keluar tidak jelas. Hal ini terjadi karena adanya celah pada langit-langit mulut Anda. Celah tersebut membuat pembentukan suara dan pengucapan beberapa huruf menjadi tidak sempurna. 

Kembali lagi, untuk menjawab pertanyaan Anda mengenai harapan berbicara normal, kami tidak dapat menjawab dengan yakin karena belum mengevaluasi kondisi suara Anda saat ini. Tetapi, berdasarkan teori memang sulit melakukan speech therapy dengan harapan memperbaiki gangguan biacara secara tuntas apabila sudah mencapai usia dewasa. Hal ini karena proses pembelajaran bicara sudah selesai dan selama bertahun-tahun (pada kasus Anda 23 tahun), pasien sudah terbiasa berbicara dengan pola bicara yang sekarang. Sehingga untuk merombak seluruh program bahasa yang sudah selama ini dilakukan tidaklah mudah dan membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit.

Kami sarankan, saat ini Anda kembali menemui dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan serta dokter spesialis bedah untuk menilai status suara Anda dan kemudian membahas kemungkinan operasi dan apa yang sebaiknya ditempuh. Janganlah segan-segan menanyakan pada dokter spesialis tersebut seluruh informasi dan keraguan Anda.

Demikian jawaban kami, semoga dapat membantu. [SH]

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    1 Komentar